Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Disporapar Pati Bidik Potensi Wisata untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah



Reporter:    /  @ 15:14:52  /  17 Oktober 2017

    Print       Email

Air Terjun Grenjengan Sewu di Desa Jrahi, Gunungwungkal yang jadi bidikan Disporapar Pati untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pati membidik potensi wisata untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Upaya itu dilakukan bertepatan dengan momen melejitkan dunia pariwisata di Kabupaten Pati.

Kepala Disporapar Pati Sigit Hartoko mengatakan, ada empat destinasi wisata di Pati yang akan dikembangkan secara total tahun depan. Keempatnya adalah Gua Wareh di Sukolilo, Waduk Gunungrowo dan Agrowisata Jolong di Gembong, serta Desa Wisata Jrahi di Gunungwungkal.

“Kalkulasi yang kami lakukan, kalau empat destinasi wisata itu ditata dan kelola dengan baik akan menjadi daya tarik pengunjung. Imbasnya, perekonomian masyarakat dan PAD ikut meningkat,” ujar Sigit, Selasa (17/10/2017).

Dia menyebut, kunjungan wisatawan yang meningkat berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi bagi penduduk sekitar dan pemerintah daerah. Potensi itu yang akan dibidik Disporapar untuk meningkatkan perekonomian di Pati.

Dari empat destinasi wisata yang akan dikembangkan, Gua Wareh menjadi satu-satunya destinasi milik Pemkab Pati. Sementara Waduk Gunung Rowo milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Wilayah Pemali Juwana, Agrowisata Jolong milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, serta Jrahi milik pemdes dan penduduk setempat.

“Kami akan siapkan MoU (kerja sama) untuk pengembangan empat destinasi wisata di Pati. Sebetulnya potensi wisata di Pati sangat banyak, tapi kami akan fokus dengan empat target itu dulu,” tambah Sigit.

Khusus di Jrahi, Sigit menilai memiliki potensi alam yang luar biasa. Selain ada air terjun dan embung mini, Jrahi juga punya vihara besar dengan keindahan bangunan yang indah.

Selain itu, Jrahi punya potensi perkebunan, tradisi dan budaya kebhinnekaan yang menarik sebagai miniatur keberagaman Indonesia. Karena itu, dia berharap partisipasi semua pihak untuk meningkatkan potensi pariwisata di Pati.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →