Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Warga Bandungsari Tumplek Blek di Tengah Jalan, Gelar Bancakan



Reporter:    /  @ 19:17:19  /  14 Oktober 2017

    Print       Email

Warga Desa Bandungsari menggelar bancakan atau doa syukuran atas perbaikan jalan di desa mereka yang sebelumnya rusak, Jumat (13/10/2017).(MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ratusan warga Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan, membuat acara unik, Sabtu (14/10/2017) sore. Yakni menggelar acara bancakan atau syukuran yang dilangsungkan di tengah jalan desa.

Ritual ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas perbaikan dua ruas jalan menuju Desa Bandungsari. Yakni, ruas jalan Pendem-Bandungsari dan Bandungsari-Sumberagung.

Masing-masing diperbaiki sekitar 3 kilometer. Saat ini, kondisi jalan yang diperbaiki dengan konstruksi cor beton sudah terlihat mulus.

”Sebelum diperbaiki, kondisi jalan rusak parah. Sekarang sudah bagus, sehingga jadi lebih cepat kalau mau ke Kecamatan Ngaringan atau ke desa tetangga,” ungkap Sunarso, warga setempat.

Acara bancakan diawali dengan sujud syukur yang dilakukan warga. Setelah itu dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin ulama setempat.

Selesai doa, acara dilanjutkan dengan makan bersama di lokasi yang suasananya terlihat sangat meriah. Tidak hanya itu, untuk menambah kemeriahan, kesenian barongan juga dihadirkan dalam acara tersebut.

”Acara ini murni inisiatif dari warga. Warga merasa senang karena jalannya diperbaiki dan kemudian punya inisiatif bikin bancakan,” kata Kades Bandungsari Ledy Heriyanto.

Menurutnya, dua ruas jalan yang diperbaiki statusnya milik kabupaten. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih pada Pemkab Grobogan, karena sudah menyalurkan anggaran perbaikan ruas jalan menuju desanya.

 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →