Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Batasan Umur Calon Anggota PPK dan PPS Dilonggarkan



Reporter:    /  @ 16:15:03  /  14 Oktober 2017

    Print       Email

ilustrasi (KPUD Cilacap)

MuriaNewsCom, Jepara – Batasan umur calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutas Suara (PPS) diperlonggar. Kini barangsiapa berusia minimal 17 tahun dan memenuhi syarat, sesuai UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum maka ia bisa mencalonkan diri sebagai penyelenggara ditingkat kecamatan dan desa atau kelurahan. 

Rekrutmen diperuntukan calon penyelenggara ad hoc itu, akan dilakukan untuk 16 kecamatan dan 195 desa dan kelurahan. 

Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Subchan Zuhri berharap, dengan longgarnya persyaratan batas umur dapat memupus persoalan kekurangan pelamar.

“Aturan yang sebelumnya syarat untuk menjadi anggota PPK, PPS  umurnya minimal 25 tahun. Sekarang 17 tahun. Dengan ini diharapkan, pada sebagian daerah menjadi solusi atas kekurangan pelamar untuk posisi tersebut,” kata dia, Sabtu (13/10/2017). 

Ia berkata, hanya pada peraturan batas umur yang berbeda dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Sementara untuk aturan lain, relatif sama. 

Diantaranya, berpendidikan paling rendah SMA, tak pernah menjadi anggota partai politik atau dalam rentang lima tahun tak menjadi anggota parpol. Tidak pernah dipidana selama lima tahun atau lebih, tidak pernah diberhentikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu dan KPU sebagai PPK dan PPS. 

Selain itu, calon anggota belum pernah menjabat sebagai PPK dan PPS selama dua periode.  Adapun masa pendaftaran untuk PPK berakhir pada Senin (16/10/2017) sedangkan, penerimaan calon anggota PPS pendaftarannya dibuka hingga 1 November 2017. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Presiden Jokowi Bakal Hadiri MQK ke-VI di Ponpes Balekambang Jepara

Selengkapnya →