Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Unik Topi dan Boots Koboi dari Limbah Kayu



Reporter:    /  @ 15:27:12  /  14 Oktober 2017

    Print       Email

Roni Rohani menunjukan koleksi kerajinan topi dan boots koboy dari kayu. (Dok/Roni Rohani)

MuriaNewsCom, Jepara – Kayu tak melulu diolah menjadi kursi atau almari, di tangan Roni Rohani barang tersebut dibentuk menjadi topi koboi atau sepatu boot. Yang unik, warga Tahunan itu membuatnya dari limbah kayu. 

Di rumahnya yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta KM 5 Tahunan, Roni berprofesi utama sebagai pemahat batu. Namun di sela kesibukannya, ia menyulap bonggol kayu menjadi barang yang bernilai ekonomi. 

“Biasanya topi dan sepatu boots dari kayu ini untuk pajangan,” katanya, Sabtu (14/10/2017). 

Inspirasinya muncul ketika banyak perajin kayu yang mencampakan bonggol kayu sebagai limbah. Dari situ ia berkreasi dengan topi koboy yang dipunyainya.

Menurutnya, proses pembuatan barang tersebut tidak rumit. Cukup membuat pola dari topi koboy asli, yang kemudian ia polakan ke bonggol kayu. Setelahnya, ia baru memahat sesuai dengan cetakan yang telah dibuat.

“Untuk senuah topi dibikin dalam waktu satu hari, seminggu bisa buat sampai 10 buah dibantu dengan dua karyawan saya,” ujarnya. 

Untuk urusan pesanan, ia mengaku kerajinan buatannya itu telah sampai ke Bandung dan adapula yang dipesan konsumen dari Brunei Darussalam dan Qatar. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

3 Bakal Calon Bupati Kudus Siap Maju Lewat Jalur Independen

Selengkapnya →