MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekretaris Anggota Wantimpres Ketagihan Petis Runting Khas Pati

681
Ketua Tim Kajian Wantimpres Julie Trisnadewani (kiri) saat mencoba petis runting untuk kedua kalinya, Jumat (13/10/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Tim Kajian Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI Julie Trisnadewani ternyata ketagihan dengan salah satu kuliner khas Pati, Petis Runting. Dia lantas kembali menikmati Petis Runting bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Jumat (13/10/2017).

Kedatangan Julie sebetulnya untuk meninjau hasil sosialisasi penerapan nilai-nilai Pancasila di Pati selama beberapa hari. Dia mengaku terkesan dengan potensi yang ada di Pati, mulai dari kebhinnekaannya, kultur dan tradisi, serta kuliner.

“Ini pertama kali saya makan petis runting. Rasanya enak banget, unik dan menarik. Sempat ketagihan, jadi makan lagi ini,” ujar Julie.

Awalnya ia mengira, petis runting merupakan makanan berupa tahu goreng yang di dalamnya terdapat saus hitam. Karena itu, ia cukup terkejut ternyata petis khas Pati jauh berbeda dengan tahu petis.

Petis runting mirip bubur dengan bahan utama balungan kambing dan tepung beras kasar yang telah disangrai. Kuliner asli Pati ini juga kaya akan rempah-rempah sehingga punya cita rasa khas Nusantara.

“Ibu saya orang Pati. Waktu kecil juga sering main ke Pati, tapi belum tahu kalau ada petis runting. Setahu saya, Pati itu khasnya Nasi Gandul dan Soto Kemiri,” imbuh Juli.

Karena itu, kunjungannya ke Pati sekaligus bernostalgia di kampung halaman ibunya. Menurut dia, Pati saat ini menjadi daerah yang cukup berkembang pesat karena kekayaan dan potensinya mulai terlihat.

Menanggapi pernyataan itu, Saiful Arifin mewakili Bupati Pati Haryanto akan meminta kepada instansi terkait agar potensi yang ada di Pati terus dikembangkan. Dengan demikian, Pati akan menjadi daerah maju seperti Banyuwangi, Jogja, dan Bali.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.