Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Banyumasan  >  Artikel ini

Angin Kencang Landa Banyumas, Belasan Rumah Rusak



   /  @ 15:56:06  /  13 Oktober 2017

    Print       Email

Pohon tumbang timpa rumah hingga rusak setelah adanya angin kencang di Banyumas. (Facebook)

MuriaNewsCom, Banyumas – Bencana angin kencang melanda sejumlah titik di Banyumas, Kamis (12/10/2017) sore. Akibatnya ada sekitar 19 rumah rusak. Saat ini, penanganan terus dilakukan agar warga yang jadi korban bisa segera tinggal normal.

Data yang muncul dari beberapa sumber, rumah rusak berada di lima desa dari dua kecamatan. Di Kecamatan Cilongok terjadi di Desa Pageraji tercatat ada 8 rumah rusak berat, dan Desa Langgongsari dengan 4 rumah rusak berat. Lainnya di Desa Karangkemiri 4 rumah, Desa Babakan 1 rumah, Desa Singasari 2 rumah.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan peristiwa angin kencang di Kabupaten Banyumas termasuk angin puting beliung. Mengingat sifatnya yang lokal.

Adapun angin puting beliung terjadi dalam radius beberapa kilometer saja sehingga bersifat lokal, sedangkan angin kencang bisa lebih luas lagi.

“Selama ini, potensi angin puting beliung terjadi pada siang menjelang sore hari namun kadang terjadi pada malam hari seperti di Banyumas. Angin puting beliung berpotensi terjadi jika kondisi cuaca pada pagi hingga siang hari terlihat cerah dan terasa panas namun pada siang menjelang sore terlihat mendung karena adanya awan Cumulonimbus yang tinggi menjulang, berbentuk seperti bunga kol, dan berwarna hitam.

Salah satu warga yang rumahnya rusak di Pageraji, Fitria (31) mengatakan saat ini rumahnya rata dengan tanah akibat terhempas angin kencang. Rumahnya berbahan bambu itu, jadi mudah terhempasan angin kencang. “Saat kejadian itu, seperti ada gemuruh kencang. Rumah saya langsung roboh,” kata Fitria.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Banyak Tumbuhan Mati, DLH Grobogan Tanami lagi Kawasan Alun-alun Purwodadi

Selengkapnya →