Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pelatih Pembina Pramuka di Grobogan Meninggal saat Isi Materi KML



Reporter:    /  @ 11:46:17  /  13 Oktober 2017

    Print       Email

Pelatih Pembina Pramuka Kwarcab Grobogan Kak Ganeca Gaharu saat mengisi materi pelatihan dihadapan 84 peserta KML di SMPN 1 Pulokulon, Kamis (12/10/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganSuasana duka menyelimuti kegiatan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML) yang dilangsungkan di SMPN 1 Pulokulon, Kamis (12/10/2017) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Hal ini menyusul meninggalnya salah seorang pelatih pembina bernama Kak Ganeca Gaharu (57), saat mengisi materi pelatihan dihadapan 84 peserta KML.

Ketua Kwarcab Grobogan Icek Baskoro menyatakan, Kak Ganeca malam itu ikut memberikan materi pelatihan administrasi dalam pasukan penggalang. Ditengah menyampaikan materi pelatihan, Kak Ganeca mendadak terjatuh.

“Setelah itu, beberapa peserta KML dan pembina lainnya melarikan Kak Ganeca ke Puskesmas Pulokulon. Namun, setelah sampai di puskesmas, beliau dinyatakan sudah meninggal dunia. Diperkirakan, mengalami serangan jantung,” kata Icek.

Menurut Icek, seluruh pengurus dan jajaran Kwarcab Grobogan merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya Kak Ganeca yang kesehariannya menjabat guru SMPN 1 Klambu itu. Selama ini, ia dikenal sebagai sosok yang sangat peduli terhadap kemajuan Kwarcab Grobogan.

“Dedikasinya untuk pramuka sangat luar biasa. Kami merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya beliau,” kata Icek, usai melayat dari rumah duka.

Almarhum dimakamkan di pemakaman umum di belakang Perumahan Grobogan Asri, Kelurahan/Kecamatan Grobogan, Jumat (13/10/2017) pagi. Hampir semua pengurus Kwarcab Grobogan dan ribuan anggota pramuka hadir untuk memberikan penghormatan terakhir.

Icek menyatakan, rencananya ia akan mengusulkan Kak Ganeca sebagai Pahlawan Pramuka melalui Kwarnas. Alasannya, selain dedikasinya yang tinggi, Kak Ganeca meninggalnya ketika sedang menjalankan tugas dan mengenakan pakaian pramuka lengkap.

“Dalam waktu dekat, akan kita usulkan ke Kwarnas. Sebelumnya, Kak Ganeca ini sering bilang kalau berkeinginan meninggal dalam kondisi menjalankan tugas dan mengenakan pakaian pramuka lengkap,” jelasnya. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →