Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Festival Teater Jepara 2017 Akan Pakai Bahasa Jeporonan 



Reporter:    /  @ 16:00:31  /  12 Oktober 2017

    Print       Email

Salah satu kelompok teater saat sedang beraksi di Festival Teater Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Festival Teater Jepara kembali digelar. Kali ini ajang tahunan itu akan mengambil tempat di Gedung Kesenian Jepara, Jalan MT Haryono, Bulu, Kecamatan Jepara, Sabtu (21/11/2017) mulai pukul 09.00 WIB. 

Sekretaris Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara Rhobi Shani mengatakan, Festival Teater Jepara 2017 diikuti 13 kelompok teater. Mereka berasal dari kelompok teater sekolah setingkat SMA sederajat. 

“Sengaja yang kami sasar kelompok teater sekolah. Karena, bentuk festival teater kali ini, mengangkat unsur-unsur kesenian tradisional yang ada di Jepara,” kata Rhobi, Kamis (12/10/2017). 

Ia mengatakan, setiap penampil wajib mengangkat unsur tradisional khas Jepara. Di antaranya seni emprak dan kentrung.  Pengolaborasian seni khas Jepara dengan teater adalah upaya DKD untuk mencari bentuk pementasan teater “ala” Jepara. Selain  itu pada saat tampil pementas juga menggunakan bahasa Jawa dialek Jepara. 

Alasan mengapa peserta harus mengilustrasikan seni khas Jepara, lanjut Rhobi, karena Emprak dan Kentrung sudah semakin menyusut regenerasinya. Selain itu, seni tradisional khas Jepara dianggap tidak jauh dari seni teater modern. 

“Dalam teater modern ada musik, penceritaan dan akting aktor, begitu pula dengan emprak atau kentrung terdapat unsur-unsur tersebut,” tambahnya. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Temuan Fosil Baru Gading Purba 2,5 Meter Jadi Kado Ulangtahun Desa Wisata Banjarejo

Selengkapnya →