Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Pura-pura Salat, Curi Kotak Amal Masjid



   /  @ 15:48:14  /  11 Oktober 2017

    Print       Email

Foto Ilustrasi

MuriaNewsCom, Brebes – Ada-ada saja yang dilakukan pencuri kotak amal masjid ini. Yakni pura-pura melakukan salat di masjid. Saat masjid sudah sepi, pelaku mencuri kotak amal.

Adalah Chandra (21), warga asal Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pelaku diringkus Polres Brebes di Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes. Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti kotak amal masjid tersebut. Dengan jumlah uang diamankan sekitar Rp1 juta dari dalam saku celananya.

Kepada polisi, pelaku mengatakan, dirinya tertangkap basah saat beraksi membobol kotak amal Masjid Baiturrohman di Desa Luwungbata Tanjung. Pelaku ketika itu masuk masjid dengan mengendap-endap saat sepi.

Usai berhasil masuk masjid, pelaku mencari kotak amal. Ternyata dia menemukannya di almari masjid. Pelaku membuka kotak amal satu per satu. Setelah berhasil, pelaku mencari benda berharga lain di masjid itu.

“Saat saya hendak meninggalkan masjid, ada seorang pekerja bangunan yang sedang istirahat di masjid memergoki saya. Pekerja bangunan itu melaporkan ke massa setempat,” kata Chandra.

Warga marah dan mengaraknya ke balai desa setempat. Polisi dari Polsek Tanjung tiba di lokasi beberapa saat kemudian. Petugas membawanya ke mapolsek setempat. “Iya saya yang ambil uang itu,” kata pelaku saat di Mapolres Brebes.

Dari keterangannya juga terungkap jika selama ini, pelaku memang mengincar kotak amal masjid. Biasanya, dia melakukan pengamatan lebih dulu satu hari sebelumnya. “Kadang saya ikut salat untuk mengamati situasi dan kondisi yang ada di sekitar masjid,” ungkapnya.

Dari catatan polisi juga, ternyata pelaku merupakan residivis spesialis pencurian uang di dalam kotak amal di sembilan masjid. Dengan lokasi provinsi berbeda.

Selain di Brebes, pelaku juga pernah mencuri di dua masjid di wilayah Cirebon, Jawa Barat, satu masjid di wilayah Cikampek, Jawa Barat dan satu masjid di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →