Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pabrik PT SJB Kudus Disegel, Ini Alasannya



   /  @ 19:01:19  /  9 Oktober 2017

    Print       Email

Aksi penyegelan PT Surya Jaya Beton (SJB) yang berlokasi di Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, disegel, Senin (9/10/2017) sore. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – PT Surya Jaya Beton (SJB) yang berlokasi di Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, disegel, Senin (9/10/2017) sore. Dengan pihak penyegel adalah Komisi B DPRD Kudus bersama Satpol PP Kabupaten Kudus. Penyegelan dilakuka karena perusahaan tersebut telah melanggar perizinan dan menyerobot jalan desa.

Demikian disampaikan Ketua Komisi B DPRD Kudus Mukhasiron ,pihak dewan telah sidak, dan pemanggilan perwakilan dari PT SJB, tapi pengelola pabrik membandel, yakni terus beroperasi. Padahal sebelulmua, warga mengeluh tentang jalan desa yang diserobot pabrik.

Ternyata dari hasil penelusuran ada beberapa izin juga belum diperbaharui. Salah satunya luasan PT SJB mengalami penambahan, namun belum diproses izinnya.  “Selama beroperasi, pihak perusahaan melanggar aturan selain perizinan jugs tidak ada bina lingkungan terhadap masyarakat sekitar. Justru jalan desa malah diserobot, sehingga menganggu aktivitas warga”, kata Mukhasiron kepada wartawan.

Dalih dari perusahaan, bahwa mereka telah menyelesaikan permasalahan dengan desa. Sampai saat ini pihaknya belum menerima. Karenanya, dewan meminta bukti yang jelas. Dewan beralasan penyegelan dilakukan agar pihak perusahaan tidak melakukan operasional selama proses perizinan. Karena kegiatan yang mereka lakukan adalah ilegal.

Perwakilan PT SJB Joko Mulyono menerima adanya aksi penyegelan. Sebab pihaknya telah bersalah. Mereka meminta tetap diizinkan beroperasi sampai sore hari karena sudah terlanjur banyak material yang harus diangkut.

Adapun ihwal masalah perusahaan dengan desa soal jalan, menurutnya, telah selesai dibahas. “Kami sudah memenuhi permintaan warga untuk membuat jalan desa dengan lebar 4 meter”, kata Joko.

Sedangkan mengenai izin perusahaa, pihaknya sudah proses mengurusi. Baik izin untuk penambahan luasan maupun perubahan kepemilikan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Banyak Tumbuhan Mati, DLH Grobogan Tanami lagi Kawasan Alun-alun Purwodadi

Selengkapnya →