Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

BPN Pati Targetkan 40.000 Sertifikat Tanah Gratis Rampung Akhir 2017



Reporter:    /  @ 09:36:39  /  9 Oktober 2017

    Print       Email

Seorang pegawai tengah memproses sertifikat tanah program PTSL di Kantor BPN Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati menargetkan 4.000 sertifikat tanah program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) selesai hingga akhir 2017.

PTSL merupakan program percepatan sertifikasi tanah semacam prona. Masyarakat penerima program itu tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Hanya saja, warga penerima program PTSL mengurus sendiri pembelian patok dan kebutuhan lainnya yang disepakati bersama perangkat desa.

“Kalau dari BPN Pati nol persen. Ini sudah menjadi instruksi dari Presiden Jokowi,” ujar Kepala BPN Pati Yoyok Hadimulyo Anwar, Senin (9/10/2017).

Pati sendiri mendapatkan jatah PTSL terbanyak kedua di Jawa Tengah, yaitu sebanyak 40.000. Sampai saat ini, BPN Pati sudah menyelesaikan sekitar 15.200 sertifikat dan 32.700 pengukuran tanah.

Yoyok menargetkan pengukuran tanah akan rampung pada akhir Oktober 2017, sedangkan sertifikat tanah sebanyak 40.000 ditarget selesai pada akhir 2017. Karena itu, dia berharap tidak kendala yang berarti dalam melaksanakan program tersebut.

Dia menambahkan, program PTSL sebanyak 40.000 merupakan yang pertama kali dan terbanyak sepanjang sejarah di Kabupaten Pati. Sebab, Pati biasanya hanya mendapatkan jatah 15.000 hingga 20.000 bidang tanah saja.

“Bertepatan dengan Hari Agraria Nasional, kami sudah menginstruksikan kepada semua pegawai untuk bisa melayani masyarakat dengan baik. Terkait program PTSL, kami berharap bisa menyelesaikannya sesuai dengan target,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →