Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Menengok Indahnya Keberagaman di Klenteng Hian Thian Siang Tee Jepara



Reporter:    /  @ 18:45:53  /  7 Oktober 2017

    Print       Email

Aktifitas di sekitar klenteng Ho Tek Bio Welahan, Sabtu (7/10/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Jika sedang berada di Jepara sempatkanlah mampir di Klenteng Hian Thian Siang Tee dan Klenteng Hok Tek Bio, di Kecamatan Welahan. Terletak di dekat pasar, dua tempat ibadah umat Konghucu dan Budha itu merupakan miniatur keberagaman dan kebebasan beragama di Indonesia. 

Bila pagi, puluhan pedagang terutama bawang merah menjajakan dagangannya di depan Klentang Hok Tek Bio, di Jl Cemara no 4. Sementara di Klenteng Hian Thian Siang Tee, suasananya lebih tenang, karena terletak lebih kedalam di Gang Pinggir no 4. 

Pimpinan Yayasan Hian Thian Siang Tee Sugandi menyebut, kerukunan di wilayah tersebut telah berlangsung ratusan tahun. Hal itu pun berlaku pada warga yang berbeda keyakinan dan hendak menyambangi bangunan tersebut. 

“Orang Jawa, Tionghoa semua boleh kesini tidak membeda-bedakan. Minta obat tradisional pun boleh, tanpa harus bertanya agamanya apa,” kata dia, baru-baru ini. 

Menurutnya, Klenteng Hian Thian Siang Tee dibuat untuk menghormati leluhur. Syahdan, saat itu Tan Siang Hoe sedang mencari keberadaan saudaranya Tan Siang Djie yang ada di Nusantara. Lalu ia mendapatkan keterangan bahwa saudara lelakinya berada di Welahan. 

Berbekal informasi tersebut, Tan Siang Hoe lantas berlayar mencari kakaknya dari Tiongkok menggunakan kapal. Pada saat perjalanan, ia bertemu dengan seorang pendeta yang sedang sakit.

Karena saat itu ia dibekali obat-obatan tradisional dari Tiongkok, Tan Siang pun menolong pendeta tersebut hingga sembuh. Atas jasa dari Tan Siang Hoe pun diberikan sebuah pusaka oleh pendeta tersebut. 

Sesampainya di Nusantara, Tan Siang Hoe pun dapat bertemu dengan kakaknya Tan Siang Djie. Kemudian pusaka yang berupa pedang, buku pengobatan dan beberapa barang lain, hingga kini disimpan di klenteng Hian Thian Siang Tee. 

Dari kisah tersebut, Klenteng Hian Thian Siang Tee banyak dikunjungi orang karena menyimpan resep pengobatan berbagai macam penyakit. Sementara Klenteng Ho Tek Bio dikenal dengan Dewa Bumi yang berwenang atas Pertanian, Palawija dan sebagainya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

3 Bakal Calon Bupati Kudus Siap Maju Lewat Jalur Independen

Selengkapnya →