Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pemkab Janji Akan Gencarkan Promosikan Batik Khas Jepara 



Reporter:    /  @ 17:00:03  /  7 Oktober 2017

    Print       Email

Mbak Duta Wisata Jepara 2017 menunjukan batik kreasi dari Suyanti Djatmiko. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara berjanji lebih gencar promosikan batik motif Jepara. Selain pameran, ada juga ruang pamer yang saat ini tengah dipersiapkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. 

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi, saat menghadiri acara lomba membatik diatas media payung. Menurutnya, karya batik warga Jepara tak kalah bagus dengan daerah-daerah lain. 

“Batik Jepara bersaing dengan batik Solo dan batik Pekalongan apakah kita kalah? Tidak, akan tetapi disana pemerintahnya mendukung. Oleh karena itu untuk pengembangannya, kita akan memromosikan melalui berbagai kegiatan,” tuturnya, Sabtu (7/10/2017).

Menurutnya, pemkab Jepara wajib mendorong berkembangnya batik motif tersebut. Hal itu karena sudah ada masyarakat yang bergerak dengan membuat paguyuban membatik. 

Dian menambahkan, batik dapat disinkronisasi dengan kegiatan pariwisata seni budaya. Hal itu karena banyak diantara produk lokal Jepara yang sudah kondang, seperti Tenun Troso dan ukir-ukiran kayu. 

“Nah dengan itu, kita bisa mengemas kerajinan batik dalam paket wisata. Kalau ruang pamer disiapkan sama indag (Disperindag Jepara). Disamping itu kita juga harus mengembangkan inovasi dalam motifnya agar tidak monoton, caranya dengan mengadakan sarasehan maupun seminar,” ungkapnya. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Banyak Tumbuhan Mati, DLH Grobogan Tanami lagi Kawasan Alun-alun Purwodadi

Selengkapnya →