Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Mantap! 13 Pramuka di Grobogan Sandang Predikat Pramuka Garuda



Reporter:    /  @ 16:35:20  /  6 Oktober 2017

    Print       Email

Sekretaris Kwarcab Grobogan Sarwijanto mengalungkan tanda Pramuka Garuda pada para penerima.(MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganSetelah melalui serangkaian penilaian yang cukup ketat, sebanyak 13 pramuka ditetapkan sebagai Pramuka Garuda. Penetapan dan pemberian tanda Pramuka Garuda dilangsungkan bersamaan dengan pembukaan Jambore XII Kwartir Ranting Toroh di Bumi Perkemahan Kalacakra Desa Tambirejo Kecamatan Toroh, Kamis (5/10/2017).

Mereka yang sudah berhak memakai tanda atau lencana Pramuka Garuda itu berasal dari berbagai golongan. Yakni, Wiwit Murdiyanto Pamungkas, Hilda Arifin Firmansyah, Siti Fatimah, Kamilatu Sa’diyah, Leni Novita Sari, Putri Rahayu, Dwiani Putri Handayani, Ajeng Rahmawati, dan Tri Setyo Rini yang merupakan Pramuka Penggalang dari Gugusdepan SMP Negeri 1 Toroh.

Kemudian, Pramuka Siaga dari SDN 1 Depok, Toroh Putri Mahpudzah Ridho, Pramuka Penegak dari SMAN 1 Gabus Erwin Efendi, Pramuka Penegak dari MAN Purwodadi Khoirul Anwar danKhoerunisa.

Sebelum mendapatkan tanda Parmuka Garuda, para penerima diwajibkan membaca ulang janji Dwisatya bagi Pramuka Siaga serta janji Trisatya bagi Pramuka Penggalang dan Penegak dengan dipandu oleh pembina upacara.

Sekretaris Kwarcab Grobogan Sarwijanto menyatakan, Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam golongan kepramukaan. Baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Untuk menyandang predikat pramuka garuda harus menjalani serangkaian ujian yang cukup berat.  Selain dinilai kemampuan dibidang kepramukaan, ada penilaian materi lainnya. Seperti kepribadian, kecakapan, lingkungan, jasmani dan rohani.

“Pramuka Garuda adalah orang-orang yang pilihan dan mempunyai ketrampilan yang bisa diandalkan. Pramuka garuda ini nantinya akan menjadi teladan dan motivator bagi teman sebayanya maupun lingkungannya,” cetusnya. 

Selain penghargaan Pramuka Garuda, dalam kesempatan itu juga dilakukan penyematan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada 17 orang anggota dewasa Gerakan Pramuka yang ada di Kwartir Ranting Toroh. 

Lencana Pancawarsa diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus. (NAO)

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →