Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Artikel ini

Ada 4 Juta UMKM Tumbuh di Jawa Tengah



   /  @ 14:11:11  /  6 Oktober 2017

    Print       Email

Salah satu UMKM memarekan produknya dalam sebuah pameran beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mencatata, selama 10 tahun terakhir jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sejak 2006 hingga 2016 tercatat, sudah ada 4,13 juta pelaku UMKM. Hal ini berdasarkan data tebaru yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah.

“Rilis BPS Provinsi Jawa Tengah dalam sepuluh tahun terakhir, hingga tahun 2016 jumlah perusahaan di Jateng meningkat sebesar 13,06 persen untuk seluruh jenis usaha,” kata Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko

Ia merinci ada sekitar 4,17 juta usaha skala besar, menengah, kecil, dan mikro. Dari keseluruhan 4,17 juta usaha tersebut, hampir 99 persen di antaranya atau sekitar 4,13 juta adalah UMKM.

Mantan bupati Purbalingga ini mendorong agar pelaku UMKM semakin kreatif dan inovatif dalam memromosikan produk mereka. Penggunaan teknologi informasi, seperti media sosial (medsos), kini menjadi keharusan bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar.

“Ke depan, saya ingin promosi yang dilakukan tidak hanya melalui berbagai ajang pameran seperti ini saja. Tetapi harus lebih kreatif dan inovatif dalam berpromosi. Penggunaan medsos mutlak dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar. Promosi semacam ini tidak dibatasi sekat-sekat teritorial,” ujarnya.

Heru menyayangkan, apabila para pelaku UMKM telah berhasil menciptakan produk unggulan, namun produk itu tidak populer di tengah masyarakat. Ujung-ujungnya akan minim pembeli.

“Promosi yang gencar harus dilakukan kalau ingin produk lebih dikenal luas dan disukai masyarakat. Kalau (produk) bagus, tapi tidak dikenal itu sayang kan. Saya salut dengan kreativitas pelaku usaha yang semula barangnya tidak dikenal, tetapi malah nge-trend setelah dipasarkan,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →