Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Barikan Karimunjawa Berevolusi untuk Tarik Wisatawan



Reporter:    /  @ 15:30:27  /  5 Oktober 2017

    Print       Email

Tradisi Barikan Qubra di Karimunjawa, Jepara, yang digelar tiap bulan Sura. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Masyarakat Karimunjawa hari ini menggelar acara bertajuk Barikan Qubra, Kamis (5/10/2017). Meskipun telah menyandang sebagai destinasi wisata, namun tradisi tersebut tetap dilestarikan bahkan menjadi even penyedot wisatawan.

Hal itu dikatakan oleh Sumarto Rofiun, Ketua Panitia Barikan Qubra 2017. Ia menyadari, wajah Desa Karimunjawa, kini bukan lagi daerah terpencil yang tak menarik. Justru di gugusan kepulauan tropis itu, dapat menarik wisatawan mancanegara ataupun lokal berkunjung.

“Ketika Karimunjawa belum ramai seperti ini, masyarakat umumnya sudah menyelenggarakan tradisi Barikan. Kata Barikan sendiri berasal dari kata barokah atau berkah. Nah kebiasaanya setiap Kamis Pon memasuki Jumat Wage, warga berkumpul di persimpangan jalan dan melakukan kendurian dengan membawa buceng atau tumpeng,” katanya dihubungi lewat telepon.

Ia mengatakan, tradisi tersebut sebenarnya diadakan tiap bulan pada hari Jumat Wage. Namun khusus untuk Barikan Qubra diadakan bertepatan dengan bulan Sura. 

“Nanti akan dikemas supaya dapat menarik wisatawan, disertai dengan adegan teatrikal. Ceritanya nanti ada arak-arakan tumpeng utama disertai tumpeng-tumpeng lainnya, yang coba direbut oleh bajak laut, nah karena kegigihan warga maka tumpeng itu dapat direbut kembali,” terang Sumarto.

Dirinya mengatakan, selain melestarikan tradisi dan menjaga tali silaturahmi antarwarga, acara itu juga dikemas sebagai atraksi penarik wisatawan. Sehingga panitia berinovasi melalui sajian teatrikal.

“Arak-arakan tumpeng nanti akan sampai ke pelabuhan, sebagian dari tumpeng yang telah dipotong akan dibuang kelaut, disharing (bagi) dengan ikan-ikan di laut. Harapannya dengan berbagi, rezeki yang diterima masyarakat baik dari hasil bumi maupun laut akan melimpah. Hal ini menunjukan pula rasa syukur terhadap Tuhan pemberi rezeki,” tutup Sumarto.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Presiden Jokowi Bakal Hadiri MQK ke-VI di Ponpes Balekambang Jepara

Selengkapnya →