MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping
Banner Kuping Kanan

Dulu Nyaris Roboh, Gedung SD di Mlowokarangtalun Grobogan Sekarang Jadi Seperti Ini

39
Beginilah kondisi gedung SDN 01 Mlowokarangtalun di Kecamatan Pulokulon setelah selesai diperbaiki. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Gedung SDN 01 Mlowokarangtalun di Kecamatan Pulokulon saat ini sudah berganti wajah. Hal ini terjadi setelah proyek rehab gedung SD itu selesai dikerjakan.

Saat ini, konstrusi gedung sudah dibuat dari tembok. Bagian atapnya dibuat dari konstruksi baja ringan dan lantainya sudah dipasang keramik.

“Ruangannya sekarang sudah bagus dan bersih. Kami senang sekali karena ruangannya diperbaiki,” kata beberapa siswa.

Beberapa bulan lalu, hampir seluruh ruangan kondisinya memprihatinkan karena nyaris roboh. Meski demikian, ruang kelas yang kurang layak itu masih tetap digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

“Kondisi SDN 01 Mlowokarangtalun sudah beda banget dengan dulu. Sekarang bangunannya sudah kokoh dan nyaman digunakan untuk kegiatan pembelajaran,” kata Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat, Selasa (4/10/2017).

Menurutnya, seluruh bangunan lama dirobohkan dan dibangun ulang karena tingkat kerusakannya sangat parah. Rehab bangunan sekolah dilakukan secara swadaya. Dana untuk merehab gedung sekitar Rp 350 juta yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK).

Saat ada proyek rehab ruang kelas dan kantor guru, siswa untuk sementara ditempatkan di SDN 02 Mlowokarangtalun yang letaknya masih satu kompleks. Bangunan SDN 02 masih bisa ditempati dan selama ini sudah tidak digunakan karena siswanya sudah digabung dengan SDN 01.

“Sejak beberapa minggu lalu, semua ruangan kelas sudah dipakai kegiatan pembelajaran lagi karena pekerjaan sudah selesai,” sambungnya.  

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.