Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Obat Kuat dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp 3,4 Miliar Dibakar BBPOM Semarang



   /  @ 15:10:53  /  4 Oktober 2017

    Print       Email

BBPOM Semarang memusnahkan obat kuat, kosmetik dan obat tradisional ilegal, Rabu (4/10/2017). (Foto : detik.com)

MuriaNewsCom, Semarang- Ribuan kemasan obat dan kosmetik ilegal, Rabu (4/10/2017) dimusnahkan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang, dengan cara dibakar. Obat berbahaya serta tanpa izin edar itu ditaksir mempunyai nilai jual sebesar Rp 3,4 miliar.

Obat-obatan tersebut merupakan barang bukti hasil sitaan dari sejumlah razia yang digelar BBPOM Semarang sejak 2016 lalu.

Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 1.359 kemasan obat kuat tanpa izin edar, 47.791 sachet obat tradisional mengandung bahan kimia, dan 72.078 bungkus kosmetik tanpa izin edar. “Perkiraan nilai ekonomis mencapai Rp 3.439.690.600,” kata Kepala BBPOM Semarang, Endang Pudjiwati.

Wilayah asal obat-obat ilegal itu di antaranya berasal dari Semarang, Pati, Cilacap, Brebes, maupun Sukoharjo. ”Daerah-daerah ini sebagai tempat produksi dan diedarkan ke luar wilayah,” ujarnya.

Baca : Polda Jateng Jebak Pembuat Obat Perangsang dan Obat Kuat Palsu dari Jepara

Produk obat dan jamu ilegal tersebut cukup berbahaya, karena mengandung bahan kimia yang berpengaruh pada kesehatan.

Bahkan BBPOM ppernah mendapat laporan masyarakat ada warga yang mengidap gagal ginjal karena cukup lama mengonsumi obat-obatan ilegal. “Efeknya tidak seketika, mengkonsumsi obat-obatan ilegal dan mengandung bahan kimia itu efeknya belakangan,” terangnya. 

Dari razia di sejumlah daerah itu 11 orang telah dinyatakan sebagai tersangka dan tengah diproses hukum. Mereka terdiri dari pembuat atau produsen hingga pengedar.

Para pelaku juga tak segan menipu konsumen dengan mencantumkan nomor register BPOm palsu. Padahal menurutnya, data produk yang telkah terigester di BPOM bisa dipantau secara online melalui aplikai Android.

“Masukkan nomor ke aplikasi, kemudian cari. Jika tak cocok, berarti palsu atau tak berizin,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Baca : Begini Kondisi Rumah Tempat Pembuatan Obat Kuat Palsu di Jepara

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

3 Bakal Calon Bupati Kudus Siap Maju Lewat Jalur Independen

Selengkapnya →