Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Artikel ini

Mahasiswa Ini Langsung Diberi Rp 10 Juta Setelah Ngadu ke Gubernur Ganjar



   /  @ 14:21:45  /  4 Oktober 2017

    Print       Email

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengisi seminar di Graha IAIN Surakarta, Rabu (4/10/2017). (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Surakarta – Seorang mahasiswa IAIN Surakarta bernama Kharisma HP, langsung diberi uang sebesar Rp 10 juta oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, usai mengadu kepada orang nomor satu di Jateng itu, Rabu 4/10/2017).

Namun uang sebesar itu diberikan bukan secara cuma-Cuma, melainkan harus untuk membantu merenovasi rumah tak layak huni (RTLH) milik pasangan lanjut usia (lansia) di Jalan Pandawa Gg Arjuna RT 2 RW 2 Margosukan, Gumpang, Sukoharjo.

Kondisi rumah pasangan lansia ini memang yang diadukan mahasiswa itu kepada gubernur, saat Ganjar mengisi seminar “Kebangsaan Membangun Literasi Ekonomi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga Jateng”, di Graha IAIN Surakarta.

Saat sesi Tanya jawab, mahasiswa itu melapor pada Ganjar bahwa ia mengetahui ada rumah lansia yang kondisinya sudah rusak sehingga tidak layak huni. 

“Pak Gubernur, apa langkah kongkret dari pemerintah jika ada warga miskin tapi tidak bisa memperbaiki rumahnya?” tanyanya. 

Gubernur pun kemudian bertanya lebih lanjut soal kondisi rumah yang dilaporkan itu. Terutama tentang kondisi rumah lansia itu, apa pekerjaanya dan apakah lansia itu punya TV di rumahnya.

Kharisma pun menjawab, “Rumahnya dari gedhek (anyaman bambu), bapaknya tukang becak. Gas disubsidi tetangga dan kemarin baru diberi bantuan TV,” jawab mahasiswa jurusan Perbankan Syariah ini.

Mendengar jawaban itu, Ganjar langsung menyanggupi untuk memberi bantuan, dan menantang mahasiswa itu untuk mengerahkan teman komunitasnya untuk membantu merenovasi.

“Oke, berapa orang komunitasmu kalian siap bekerja gotong royong untuk membantu simbah itu?” tantang Ganjar. “Siapp,” jawab Kharisma serempak bersama 40 teman sekelasnya.

“Ini saya modali Rp 10 juta. Nanti laporkan ke saya perkembangan pembangunan rumahnya. Rumahnya harus layak huni, bertembok, ventilasi, dan sarana MCK yang pantas,” pinta Ganjar.

Kharisma mengatakan kondisi rumah tidak layak tersebut berada di Jalan Pandawa Gg Arjuna RT 2 RW 2 Margosukan, Gumpang, Sukoharjo. “Tapi nama simbahnya saya lupa, karena yang mendata teman saya,” akunya. 

Ia pun mengaku senang tapi juga kaget bisa langsung mendapat bantuan dari Ganjar. Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu membangunkan rumah yang layak untuk pasangan lansia itu. Sebelum melakukan perbaikan rumah, dia akan berkonsultasi dengan tukang bangunan sembari menggalang bantuan lain. 

“Saya tidak menyangka jika langsung diberi bantuan, Alhamdulillah semoga kami bisa menjalankan amanah,” tutur Kharisma yang ditemui usai acara.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Banyak Tumbuhan Mati, DLH Grobogan Tanami lagi Kawasan Alun-alun Purwodadi

Selengkapnya →