Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ikan ’Lari’ ke Perairan Karimunjawa, Nelayan Jepara Pilih Tak Melaut



Reporter:    /  @ 09:17:03  /  4 Oktober 2017

    Print       Email

Sunardi, nelayan di Jepara tengah memperbaiki jaring ikan miliknya. Ia memilih tak melaut karena cuaca buruk. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sunardi (66) terpaksa tak melaut karena arus kencang dan sepinya tangkapan ikan. Untuk mengisi waktu luang, ia memperbaiki jaring sembari menunggu cuaca membaik.

Ditemui di rumahnya di Kelurahan Pengkol, Kecamatan Jepara, ia tengah sibuk memperbaiki jaring ikan miliknya. Sunardi mengaku sudah sepekan tidak melaut.

“Arusnya kuat, tangkapan ikan sepi. Hal ini karena musim pancaroba sehingga memengaruhi kondisi di lautan. Sudah sepekan keadaannya seperti ini,” tuturnya, Rabu (4/10/2017). 

Menurutnya, kondisi tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga setengah bulan ke depan. Selama masa tersebut ia mengaku memilih berdiam di rumah.

Jika nekat melaut, tak pelak ia hanya akan menanggung rugi, karena sudah mengeluarkan biaya solar, namun tak mendapatkan hasil. Ditambah lagi, kondisi arus kuat menyebabkan ikan berpindah ke tengah mendekati Pulau Karimunjawa.

“Dulu kalau normal berangkatnya jam 3 pagi, pulangnya jam 10 siang. Sekarang ada yang berangkat jam 12 malam, pulangnya jam 12 siang karena ikannya semakin ke tengah, jadi perjalanan yang ditempuh semakin jauh,” tuturnya.

Selama tak melaut, kebutuhan hidupnya akan dipenuhi dari tabungan melaut sebelumnya. Jika habis, ia terpaksa meminjam dari tetangga.

Kondisi tersebut tak hanya dialami oleh Sunardi. Karnadi, nelayan lain memilih membetulkan kapal miliknya. Menurutnya, sudah dua hari ini ia tidak melaut. 

“Lautnya memang sedang berarus kuat. Jadi saya memilih untuk menepikan kapal saya dan membetulkan bagian yang rusak,” ucapnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

3 Bakal Calon Bupati Kudus Siap Maju Lewat Jalur Independen

Selengkapnya →