Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Hidupkan Perpustakaan Desa, Sedekah Sejuta Buku di Wonosobo Digencarkan



   /  @ 16:34:44  /  3 Oktober 2017

    Print       Email

Gerakan sedekah sejuta buku di Wonosobo akan berlangsung. (Facebook)

MuriaNewsCom, Wonosobo – Bagian Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Wonosobo akan melakukan gerakan sedekah sejuta buku. Rencananya, buku akan dibagikan secara merata ke seluruh desa atau kelurahan di Wonosobo, yaitu melalui perpustakaan yang berjumlah 265 unit.

“Nantinya perpustakaan yang belum eksis selama ini bisa kembali hidup. Sebab, perpustakaan yang tak begitu aktif di antaranya karena koleksi buku yang dimiliki masih minim,” kata Kepala Arpusda Wonosobo Eko Yuwono dalam acara peluncuran Gerakan Sedekah Sejuta Buku di kantornya, Selasa (3/10/2017).

Gerakan sedekah sejuta buku itu memang untuk mengekesiskan kembali perpustakaan desa. Penduduk yang gemar membaca, tak akan lagi mengalami kesulitan mendapatkan buku yang diharapkan. Artinya, budaya membaca kemungkinan akan merata sampai pelosok desa.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah berkomunikasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk menggeliatkan kembali perpustakaan. Pihaknya juga berharap agar wasrga bisa berpartisipasi ikut menyedekahkan buku dalam kegiatan tersebut. Buku yang bisa diberikan seperti tentang pertanian, keagamaan, pendidikan, dan sejenisnya.

Disinggung berapa jumlah buku yang terkumpul sementara ini, dia menyebut ada sekitar 1.500 buku. Jumlah itu akan terus bertambah seiring meningkatnya keinginan warga untuk ikut menyedekahkan bukunya pada kegiatan ini.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →