Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tahap Verifikasi Administrasi Parpol Peserta Pemilu 2019 Dimulai Hari Ini 



Reporter:    /  @ 10:25:08  /  3 Oktober 2017

    Print       Email

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara menggelar rapat pleno beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara masih berpegang pada PKPU 7/2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. Itu berarti dalam verifikasi partai politik baru dan lawas ada perbedaan yakni pada saat pemeriksaan faktual. 

Ketua KPU Jepara M. Haidar Fitri mengatakan,  proses dan mekanisme pendaftaran, penelitian dan verifikasi sama antara partai baru (tidak ikut dalam Pemilu 2014) dengan yang lama. Namun demikian, berdasarkan peraturan tersebut partai lawas tak ikut dalam verifikasi faktual.

“Namun untuk verifikasi administrasi baik mereka partai baru maupun lawas tetap sama. Partai lama tetap mendaftar, kita teliti dokumen yang diserahkan lengkap atau tidak. Sah atau tidak. Namun partai lama tidak ada verifikasi faktual, sedangkan untuk partai yang bukan peserta pemilu 2014 memang harus diverifikasi faktual,” ujarnya. 

Hanya saja, imbuh Haidar, karena ada partai baru (PSI-red) yang mengajukan Judicial Review terkait PKPU 7/2017, dirinya meminta semua partai bersiap-siap untuk diverifikasi faktual. Ia meminta, pengurus partai pengikut pemilu 2014 pun bersiap untuk dilakukan hal tersebut. 

Adapun, pelaksanaan verifikasi administrasi di tingkat kabupaten dilaksanakan mulai hari ini Selasa-Minggu (3-15/10/2017). Yang harus diserahkan pada proses tersebut adalah alamat kantor di Jepara, susunan pengurus dan anggota yang dibuktikan dengan Kartu tanda anggota dan KTP elektronik. Setelah tahap tersebut, akan dilakukan proses verifikasi faktual. 

“Karena ada Judicial Review terhadap peraturan ini (PKPU 7/2017-red), maka kami minta semua partai, termasuk yang lawas mempersiapkan diri (untuk diverifikasi faktual),” terang Haidar. 

Dirinya mengatakan, sampai saat ini ada lima partai baru yang mengonfirmasi diri kepada KPU Jepara. Mereka adalah, Perindo, Partai Idaman, Partai berkarya, kemudian PIKA dan PSI. 

Ketua DPD Partai Berkarya Jepara Agus Tri Wahono mengatakan pihaknya sudah siap untuk melakukan proses pendaftaran. Menurutnya, kepengurusan partainya itu sudah ada di 16 kecamatan.

“Tinggal disusun sesuai dalam aturan. Anggota kami pun sudah memenuhi persyaratan,” katanya. 

Pengurus Partai Perindo Jepara Solihin berkata hal serupa. Menurutnya pihaknya akan siap menyerahkan semua persyaratan pada tanggal 9 Oktober 2017. 

“Tidak ada kesulitan karena sebelumnya sudah ada pelatihan dari DPP. Namun nanti yang akan kami pertanyakan ke KPU Jepara apakah saat verifikasi (faktual) ke desa-desa anggota KPU akan gunakan logo instansi atau tidak. Takutnya akan menimbulkan pertanyaan bagi anggota Perindo di kampung-kampung,” kata Solihin, bendahara partai tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Nur Hidayat mengaku siap akan tahapan-tahapan tersebut. Termasuk ketika Judicial Review terhadap verifikasi faktual dimenangkan.

“Apapun hasilnya, kami telah mempersiapkan semua persyaratan dan mengikuti peraturan,” tutup dia.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →