Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Cuaca Buruk, Harga Ikan di Jepara Melambung



Reporter:    /  @ 17:01:09  /  2 Oktober 2017

    Print       Email

Penjual ikan di TPI Jepara menunjukkan ikan tangkapannya yang menurun karena cuaca yang tak bersahabat. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Cuaca buruk di laut berimbas pada hasil tangkapan ikan nelayan. Otomatis harga komoditas satu ini pun ikut terkatrol. 

Suriah seorang pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu Jepara mengatakakan beberapa jenis ikan mengalami penurunan persediaan. Hal itu menyebabkan harganya melambung. 

“Di laut tangkapannya sepi karena cuacanya sedang tidak baik, anginnya besar. Beberapa ikan mengalami kenaikan harga, cenderung tidak stabil lah,” katanya, Senin (2/10/2017). 

Ia menyebut, beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan harga adalah dorang, tengiri, kakap merah, tunul, kembung dan banyar. Suriah mengatakan, tangkapan untuk jenis ikan tersebut mengalami penurunan dari nelayan. 

“Untuk ikan tunul harganya dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram, ikan kembung dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu, ikan banyar dari Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram,” urainya. 

Hal serupa diungkapkan oleh Fatimah, sejak 10 hari terakhir cuaca yang tak menentu menyebabkan pasokan ikan dari nelayan menurun. Di saat normal, pasokan ikan dapat mencapai dua basket (50 kilogram). 

“Kalau sekarang, nelayan rata-rata hanya mendapatkan setengah basket,” ungkapnya. 

Peagang lain Suyati mengatakan, sebagian ikan memang mengalami kenaikan harga. Namun beberapa diantaranya tetap stabil, seperti cumi-cumi yang menjadi barang jualannya. 

“Kalau cumi-cumi harganya stabil, yang kecil itu dijual sekilonya Rp 25 ribu, kalau yang besar Rp 55 ribu,” terangnya. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →