Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...
Banner Kuping
Banner Kuping Kanan

Bupati Pati Akan Bebaskan Biaya Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas

38
Anggota Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Pati seusai melakukan audiensi dengan Bupati Pati Haryanto, Senin (2/10/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto rencananya akan membebaskan biaya pendidikan untuk anak-anak penyandang disabilitas. Hal itu diungkapkan Haryanto saat ditemui Ketua Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Pati Suratno di Pendapa Pati, Senin (2/10/2017).

Ada empat hal yang disampaikan Suratno saat melakukan audiensi dengan Bupati. Pertama, dia meminta supaya akses penyandang disabilitas dipermudah.

Kedua, penyandang disabilitas meminta tempat untuk usaha. Selanjutnya, mereka berharap diberikan bantuan modal usaha seperti mesin jahit, kaos atau modal bahan baku kaos.

Terakhir, dia meminta agar pendidikan untuk anak-anak penyandang disabilitas dibebaskan. Sebab, dia menemukan anak dari penyandang disabilitas ditolak karena orang tua tidak punya biaya.

“Kemarin ada anak dari penyandang disabilitas yang ditolak sekolah umum, karena orangtuanya tidak mampu. Padahal, nilainya bagus dan semestinya bisa masuk,” ucap Suratno.

Menurut dia, anak dari seorang penyandang disabilitas punya hak yang sama. Pasalnya, mereka hidup normal tidak seperti orangtuanya yang memiliki keterbatasan fisik.

Hanya saja, orangtuanya tidak mampu menyekolahkan karena keterbatasan biaya. Dia berharap, anak dari penyandang disabilitas yang berprestasi dan memiliki nilai bagus bisa sekolah seperti anak-anak orang mampu lainnya.

Menanggapi hal itu, Haryanto rencananya akan memberikan rekomendasi kepada anak-anak penyandang disabilitas agar digratiskan sekolah. Dia tidak ingin anak-anak kurang mampu terhalang sekolahnya karena keterbatasan biaya.

Terkait dengan bantuan yang diminta PPCI, Haryanto menegaskan akan memberikan bantuan. Tahun depan, masing-masing penyandang disabilitas akan mendapatkan bantuan sedikitnya Rp 3,5 juta per orang.

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.