Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ini Jawaban Andi Soal Polemik Pengunduran Dirinya dari KPU Jepara 



Reporter:    /  @ 16:58:05  /  29 September 2017

    Print       Email

Andi Rokhmat, Direktur Umum Perusda Aneka Usaha Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Pengunduran diri Komisioner KPU Jepara Andi Rokhmat disoal oleh Panwaslu Jepara. Namun nyatanya, Surat Keputusan terkait pengunduran dirinya telah diteken oleh KPU RI, meskipun berdasarkan UU Pemilu lawas.

“Saya mengajukan pengunduran diri sebagai komisioner KPU Jepara kepada KPU Provinsi Jawa Tengah sebelum pelantikan Direktur Perusda. Surat Keputusan (SK) pemberhentian sudah diberitahukan kepada saya melalui KPU Provinsi Jateng. Adapun dasar SK tersebut memakai UU No 15/2011,” kata Andi Rokhmat mengklarifikasi. 

Baca Juga: Panwaslu Jepara Tuding Pengunduran Andi Rokhmat dari KPU Melanggar Undang-undang

Ia menyebut, berdasarkan peraturan tersebut pengajuan pengunduran komisioner KPU diperbolehkan oleh undang-undang. Saat ditanya mengapa SK pemberhentiannya memakai peraturan lawas, Andi tak mengetahuinya. Hal itu karena hingga saat ini SK tersebut masih berada di tangan KPU Provinsi Jateng. 

“Untuk alasannya mengapa pakai undang-undang lama pada dasar SK pemberhentian, saya tidak mengetahuinya karena berasal dari KPU RI,” urainya. 

Meskipun masih menuai polemik, namun proses pergantian antar waktu (PAW) telah mulai dilakukan KPU Provinsi Jateng. Hal itu dengan melakukan verifikasi terhadap calon komisioner KPU Jepara nomor urut enam, yakni Muntoko. 

Komisioner KPU Jepara Subhan Zuhri mengatakan, proses tersebut sepenuhnya kewenangan dari KPU Jateng. Namun demikian PAW diperkirakan akan dilakukan pada awal bulan Oktober. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →