Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Fantastis, Perbaikan Jalan di Grobogan Tahun ini Telan Dana 420 Miliar



Reporter:    /  @ 16:12:56  /  29 September 2017

    Print       Email

Petugas melakukan perbaikan jalan di salah satu sudut di Kabupaten Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Perbaikan jalan rusak di Grobogan tahun ini barangkali mencatat rekor paling besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terkait dengan besarnya alokasi dana dan panjang jalan yang diperbaiki.

Kepala DPUPR Grobogan Subiyono menyatakan, proyek perbaikan jalan tahun 2017 ini alokasi anggarannya mencapai Rp 420 miliar. Dana sebanyak ini digunakan untuk perbaikan jalan sepanjang 161 km dengan konstruksi beton.

Perbaikan ini tersebar merata di 19 kecamatan dan diprioritaskan untuk jalan yang jadi akses antar desa dan antar kecamatan.

”Jalan yang diperbaiki tahun ini memang cukup panjang. Kalau dikalkulasi, panjang jalan yang diperbaiki ini sejauh Purwodadi sampai Pekalongan,” jelas Subiyono, saat mendampingi Sekda Grobogan Moh Sumarsono ketika melangsungkan kegiatan monitoring beberapa titik proyek perbaikan jalan sambil bersepeda, Jumat (29/9/2017).

Dijelaskan, Selain APBD, dana perbaikan jalan tahun ini berasal dari beberapa sumber lainnya. Antara lain, dari dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK) dan bantuan keuangan Provinsi Jateng. Selain itu, Pemkab Grobogan juga mengajukan pinjaman pada pihak ketiga sebanyak Rp 200 miliar khusus untuk proyek perbaikan jalan.

Perbaikan jalan dengan dana Rp 420 miliar itu terbagi sekitar 250 paket pekerjaan. Semua paket pekerjaan yang dananya dari APBD penetapan sudah dalam tahap pelaksanaan dengan progres rata-rata sekitar 65 persen.

”Kalau pekerjaan yang dananya dari APBD penetapan sudah jalan semua. Untuk pekerjaan dari APBD perubahan senilai sekitar Rp 38 miliar, baru selesai lelang. Pertengahan Oktober nanti baru dimulai. Semua proyek perbaikan jalan ini didampingi tim TP4D Kejaksaaan Negeri Grobogan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →