Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bubur Asyura, Makanan Khas Penanda Buka Luwur Sunan Kudus Siap Dibagikan



Reporter:    /  @ 15:00:13  /  29 September 2017

    Print       Email

Ibu-ibu sedang memasak bubur Asyura di kawasan Menara Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ribuan porsi Bubur Asyura yang dijadikan penanda buka luwur Sunan Kudus siap dibagikan. Ribuan porsi bubur tersebut, sengaja dibuat oleh ibu-ibu dan juga remaja putri Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK).

Satu dari petugas masak bubur Asyura di kawasan Menara Kudus adalah Mufalihah. Dia menjelaskan bubur tersebut menandai dilaksanakannya Buka Luwur Makam Kanjeng Sunan Kudus, pada 10 Muharam yang jatuh Sabtu (30/10/2017).

”Sekarang dalam proses pemasakan. Sebagian besar sudah hampir matang dan siap dibagikan kepada warga sekitar masjid Menara Kudus. Khususnya adalah warga Desa Kauman, Kecamatan Kota yang memang sangat dekat dengan Masjid Menara,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Baca Juga: Tradisi Suronan di Kajen Pati Bawa Berkah Warga

Selain Kauman, desa lain yang juga mendapa bagian bubur Asyura adalah Desa Damaran, Desa Kerjasan, Desa Langgar Dalem beserta desa sebelah lainnya.

Dia menjelaskan, untuk memasak ribuan porsi, dimulai sekitar pukul 05.15 WIB hingga selesai. Proses pembuatan bubur dilaksanakan dua kali. Pertama pembuatan bubur dan bumbu, kemudian proses kemasan dan taburan di atas bubur.

”Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksankan setiap tahun. Jadi menjelang Buka Luwur dilaksanakan kegiatan semacam ini sebagai rentetan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam memasak bubur asyura ini, pihaknya menggunakan lima kawah besar untuk 750an uter (wadah bubur asyura). Selain itu, panitia juga menyediakan satu kawah lagi yang bisa menampung bubur untuk 250an uter.

Sebelum dibagikan, bubur ditata dalam wadah terlebih dahulu dengan alas daun pisang. Setelah itu, barulah bubur dibagikan. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →