Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info DPRD  >  Artikel ini

Wow…Rp 18 Miliar Disiapkan untuk Tambahan Gaji DPRD Jateng



   /  @ 16:39:04  /  28 September 2017

    Print       Email

Pimpinan DPRD Jateng saat memimpin sidang paripurna beberapa waktu lalu. Kenaikan gaji anggota dewan tinggal menunggu pergub ditandatangani. (DPRD Jateng)

MuriaNewsCom, Semarang – Tindaklanjut dikeluarkannya Perda yang mengatur tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, Pemprov Jateng telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 18 miliar untuk membayar gaji anggota DPRD Jawa Tengah.

Pencairan dana yang masuk dalam APBD Perubahan 2017 itu tinggal menunggu ditandatanganinya peraturan gubernur. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut, dana untuk tambahan pendapatan anggota DPRD itu saat ini masih menunggu hasil dari appraisal kenaikan gaji dewan.

Ia mengaku tidak mengetahui dengan detil berapa usulan kenaikan anggaran per item pendapatan anggota DPRD. “Anggaran sudah disiapkan Rp 18 miliar. Jumlah (realisasi) belum tahu. Tergantung apraisal nanti,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan, usulan tambahan pendapatan anggota dewan tersebut merupakan produk turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Kalau sudah aturan, apalagi selevel PP ya harus dilaksanakan. Memang ada yang (anggaran dari pos) lain, yang dikurangi,” ujarnya.

Perda yang mengatur tentang tambahan pendapatan anggota DPRD ini telah disahkan DPRD Jateng pada Agustus 2017 lalu.

Baca : Mobil Dinas Anggota DPRD Jateng Diganti “Uang Saku” Rp 18 Juta Per Bulan

Sesuai PP 18, ada tiga poin yang yang menjadikan gaji anggota DPRD naik. Yakni kenaikan tunjangan transportasi, tunjangan komunikasi dan informasi, tunjangan perumahan, serta kemudahan dalam penggunaan dana reses.

Sekretaris DPRD Jawa Tengah Indra Surya mengatakan, secara umum, jika pendapatan di luar kegiatan reses, kunjungan kerja (kunker), menjadi panitia khusus (Pansus), tunjangan menjadi pimpinan alat kelengkapan (alkap) dan lainnya, tiap bulan Anggota DPRD Jateng sesuai taksiran dalam pengajuan draf Pergub nantinya menjadi sekitar Rp 59 juta peranggota.

Indra juga menjelaskan, untuk tunjangan transportasi para anggota dewan dan pimpinan, sudah sepakat dan dikuatkan melalui Perda yakni tidak menggunakan kendaraan dinas melainkan diberikan dalam bentuk uang.

Untuk nominalnya, saat ini sedang dikaji oleh tim appraisal dari Undip Semarang, dan awal pekan ini sudah bisa diketahui.

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI maka nominal tunjangan transportasi adalah Rp 17,5 juta perbulan, namun itu disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Tetapi pada taksiran draf pergub yang diajukan ke gubernur, nominalnya sejumlah Rp 18 juta peranggota perbulan.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →