Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Pengembangan Wisata Gua Wareh Pati Terkendala Infrastruktur



Reporter:    /  @ 15:28:05  /  16 September 2017

    Print       Email

Kondisi objek wisata Gua Wareh yang dijadikan tempat untuk mandi oleh penduduk setempat. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pengembangan wisata Gua Wareh di Desa Kedumulyo, Sukolilo, Pati terkendala Infrastruktur, terutama akses jalan. Hal itu diakui Kepala Desa setempat, Handono, Sabtu (16/9/2017).

“Pengunjungnya sudah cukup banyak. Sebagian besar pelajar yang sedang berkemah, tour dari anak-anak sekolah, dan pengunjung lokal. Sayangnya, akses jalannya kurang mendukung,” kata Handono.

Saat ini, pemuda Karang Taruna setempat yang mengelola kawasan wisata tersebut sedang melakukan pengembangan dengan penambahan fasilitas spot untuk selfie. Spot baru tersebut berada di atas gua yang mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Hanya saja, pihaknya mengaku belum bisa mengembangkannya secara optimal, karena masih terkendala akses jalan yang kurang mendukung. Karena itu, dia berharap agar pemerintah bisa memberikan solusi untuk meningkatkan dunia pariwisata di kawasan Pati selatan.

Secara terpisah, Bupati Pati Haryanto mengaku sudah merencanakan untuk pengembangan sejumlah objek wisata di Pati, termasuk Gua Wareh. Sementara tempat wisata lainnya, salah satunya Waduk Gunung Rowo, Jolong dan Jrahi.

Baca : Musim Kemarau, Warga Sukolilo Pati Manfaatkan Sumber Mata Air Gua Wareh

Bahkan, Bupati sudah menemui arsitektur dari Singapura dan Australia untuk melakukan perencanaan matang terkait pengembangan tempat wisata di Pati. Tujuannya untuk menarik investor sekaligus menyejahterakan masyarakat lewat potensi wisata.

“Itu sudah saya pikirkan dan rencanakan matang-matang. Tapi harus menunggu terlebih dahulu, karena harus dibahas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujarnya.

Dia menegaskan, kepemimpinannya lima tahun ke depan juga akan fokus pada program pengembangan wisata bersamaan program utamanya dalam memberantas kemiskinan dan pengangguran. Karenanya, dia berharap agar masyarakat bisa ikut mendukung program tersebut.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Panggil DPN APTRI, KPPU Tindak Lanjuti Dugaan Monopoli Gula yang Dilakukan Bulog

Selengkapnya →