Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Seribuan Kader PKS Jateng Desak Hentikan Pembantaian Etnis Rohingya



   /  @ 15:30:20  /  16 September 2017

    Print       Email

Kader PKS Jateng menggelar aksi solidaritas aksi bela Rohingya di Masjid Baiturrahman Semarang. (Foto : Humas PKS Jateng)

MuriaNewsCom, Semarang – Seribuan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari seluruh wilayah di Jawa Tengah, Sabtu (16/9/2017) menggelar aksi solidaritas untuk etnis Rohingnya. Mereka mengecam praktik diskriminasi dan kejahatan kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

Aksi dipusatkan di kompleks air mancur Jalan Pahlawan Kota Semarang. Sebelumnya, ribuan kader yang berasal dari 35 daerah di Jateng tersebut menggelar long march dari Masjid Baiturrahman di Simpang Lima menuju jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Dalam aksi sejumlah sejumlah tokoh PKS Jateng juga terlihat. Di antaranya Wakil Wali Kota Salatiga Muhammad Haris, sejumlah anggota DPRD Provinsi Jateng dan anggota DPRD tingkat kota dan Kabupaten di Jateng.

Koordinator aksi, Riyono mengatakan, kekerasan terhadap warga Rohingya di Myanmar telah menciderai rasa kemanusiaan.

“Kita tidak bisa diam terhadap praktik diskriminasi genosida yang terjadi di Myanmar terhadap etnis Rohingya. Berkali-kali etnis Rohingya mengalami pengusiran, pemukiman serta rumah mereka dibakar,”kata Riyono dalam orasinya.

Yang lebih parah, kata Riyono, korban kejahatan kemanusiaan tersebut adalah anak-anak dan perempuan.” Tindakan tidak beradab yang dilakukan militer Myanmar adalah kejahatan kemanusiaan,”kata pria yang juga Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng ini.

Atas kondisi tersebut, Riyono mengungkapkan bahwa seluruh kader PKS, salah satunya di Jawa Tengah mengutuk sekeras-kerasnya pembersihan suku (ethnic cleansing) terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

“Kami juga mendesak Presiden Republik Indonesia bertindak lebih nyata dalam upaya menghentikan pembersihan etnis melalui jalur bilateral dan multilateral melalui ASEAN, OKI, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),”ujarnya.

Dalam aksi tersebut, mereka menggelar aksi solidaritas berupa pembubuhan tanda tangan mendukung penghentian tragedi kemanusiaan etnis Rohingya hingga penggalangan dana.

“Selain membentuk crisis center di tingkat pusat, sejak pekan lalu hingga hari ini kita juga terus menggelar penggalangan dana. Termasuk hari ini, seluruh kader di Jateng kita harapkan turut berdonasi untuk saudara-saudara kita di Rohingya,”pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Panggil DPN APTRI, KPPU Tindak Lanjuti Dugaan Monopoli Gula yang Dilakukan Bulog

Selengkapnya →