Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Begini Keceriaan Bocah TK di Kudus yang Asyik Latihan jadi Haji



Reporter:    /  @ 14:16:01  /  16 September 2017

    Print       Email

Sejumlah siswa TK melakukan Tawaf dalam praktik manasik haji di Alun-alun Kudus, Sabtu (16/9/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan bocah usia TK terlihat asyik berkumpul dengan mengenakan kain serba putih di Alun-alun Kudus, Sabtu (16/9/2017) pagi. Sambil melantunkan bacaan talbiyah mereka melakukan sejumlah gerakan layaknya orang yang tengah menunaikan ibadah haji.

Dan memang bocah-bocah TK itu tengah latihan atau manasik haji. Ada sekitar 840 siswa dari sejumlah TK yang ada di kota ini mengikuti kegiatan tersebut. Bocah-bocah ini terlihat ceria mengikuti kegiatan ini.

Eti Nidiawati Wakil Kepala TKIT Umar Bin Khattab, mengatakan ratusan siswa berasal dari 14 lembaga. Di antaranya TK IT Umar Bin Khathab, PAUD IT Utsman Bin Affan, KB Syamsa Auladina, TKIT Al Kautsar, PAUD TPQ Rohmatul Ummah, PAUD IT Al Qolam, PAUD TPA Hanifa, PAUD IT Bintang Belia, PAUD Uswatul Mardliyah serta sejumlah TK lainya.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap tahun. Dan pesertanya tiap tahun selalu bertambah,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, usia anak-anak yang mengikuti kisaran 3 – 6 tahun. Tujuannya, adalah mengenalkan sejak dini akan adanya rukun Islam yang kelima. Selain itu, manasik juga bertujuan supaya para siswa mengetahui cara haji, dan menanamkan semangat untuk pergi haji.

Dia menambahkan, jika para siswa sudah berkeinginan haji sejak usia dini, maka besar kemungkinan mereka akan berangkat haji lantaran keinginan yang dari awal, dengan usaha yang maksimal.

“Kegiatan ini dimulai sekitar jam 07.00 WIB hingga jam 11.00 WIB. Selama itu, tiap siswa diajari tata cara haji yang benar dan urut,” ungkap dia.

Tentang kesulitan yang dialami, lanjut dia, adalah mengatur anak-anak agar dapat rapi. Dengan usia yang masih balita, kebanyakan anak-anak menjadi rewel. Terlebih pada saat mengenakan pakaian ikhrom, anak-anak rewel karena tidak terbiasa.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →