Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Banyumasan  >  Artikel ini

Kawah Sileri Gunung Dieng Naik jadi Waspada 



   /  @ 15:05:04  /  15 September 2017

    Print       Email

Kawah Sileri (vsi.esdm)

MuriaNewsCom, Banjarnegara – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan, jika status Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng saat ini naik menjadi waspada. Kondisi demikian berpengaruh pada radius aman yang semula 100 meter, kini jadi 1 kilometer.

Potensi bahaya yang ditimbulkan akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunungapi Dieng terutama adalah terjadinya erupsi freatik, hujan lumpur, lontaran material di Kawah Sileri, dan meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan aliran gas CO2 konsentrasi tinggi dan berbahaya di Kawah Timbang.

Sofyan Primulyana, dari Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan, ada beberapa hal yang jadi rekomendasi sehubungan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Kawah Sileri. Yaitu masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Kawah Sileri pada jarak 1000 meter dari bibir kawah.

“Masyarakat yang berada di dalam radius 1 km dari bibir Kawah Sileri, yaitu yang bermukim di Desa Kepakisan dan Dusun Sekalam (Kecamatan Batur), agar diungsikan sementara ke tempat yang aman,” katanya, Jumat (15/7/2017).

Selain itu, masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di Kawah Timbang, karena adanya ancaman bahaya gas CO2 dan H2S yang berbahaya bagi kehidupan. Masyarakat agar waspada jika melakukan penggalian tanah di sekitar Kawah Timbang dengan kedalaman lebih dari 1 (satu) meter karena dari tempat tersebut masih berpotensi terancam bahaya gas CO2 dan H2S.

Masyarakat agar tetap tenang tidak terpancing isu-isu terkait dengan aktivitas Gunungapi Dieng dan agar selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan BPBD Banjarnegara, BPBD Wonosobo, serta BPBD Batang agar selalu berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau melalui Pos Pengamatan Gunungapi Dieng di Desa Karang tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Kenaikan status Kawah Sileri dari normal menjadi waspada ditetapkan pada pukul 23.00 WIB, Kamis (14/9). Gempa tremor di Kawah Sileri yang terletak di Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara ini terjadi sejak Rabu (13/9) pukul 20.45 WIB, hingga saat ini masih terus terjadi. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →