Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Baru 20 Persen, Polres Jepara Kekurangan Polisi Wanita



Reporter:    /  @ 18:35:20  /  13 September 2017

    Print       Email

Polwan Polres Jepara menampilkan kreativitasnya saat HUT Polwan. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Kepolisian Resort Jepara masih kekurangan jumlah polisi wanita (polwan). Saat ini terhitung ada sekitar 50 polwan yang bertugas di seluruh areal kabupaten tersebut. 

“Di Polres Jepara saat ini ada sekitar 50 polwan, belum mencukupi masih kurang. Namun hal itu sebenarnya merupakan gambaran umum di seluruh kesatuan Polri,” ujar Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adi Nugroho, saat syukuran HUT Polwan ke 69 di Mapolres Jepara, kemarin. 

Ia mengatakan, jumlah polwan saat ini baru mencapai 20 persen di seluruh kesatuan Polri. Idealnya perbandingan polisi wanita dan polisi laki-laki (polki) adalah 40 berbanding 60 persen. 

Hal itu sebanding dengan tingkat kriminalitas, dimana perempuan juga banyak terlibat. “Tantangan kedepan kejahatan banyak diantara pelakunya yang perempuan. Hal itu terindikasi dari kejahatan teroris yang menggunakan perempuan,” imbuhnya. 

Yudi mengatakan, menghadapi soal itu pihaknya bisa mengajukan penambahan kepada Polri saat proses rekrutmen. Namun terkait berapa kuota yang bisa disetujui hal itu bergantung sepenuhnya pada Mabes Polri. 

“Pak Kapolri sendiri menyatakan Polwan itu lebih tegar dalam menghadapi kasus Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,” urainya. 

Terkait sepak terjang Polwan di Jepara, Kapolres mengaku cukup bangga lantaran beberapa anggotanya menorehkan prestasi. Meskipun demikian, pihaknya akan terus meningkatkan sisi humanisme dan profesionalitas polwan. 

“Anggota kami (Polwan) ada yang berprestasi mengungkap kasus pungli, bergerak dalam bidang sosial ada juga rebana polwan Jepara yang sudah diundang beberapa kalangan masyarakat,” pungkas Yudi. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jemaah Umrah di Pati Gelar Aksi Solidaritas Kedaulatan Palestina dan Yerusalem

Selengkapnya →