Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bupati Jepara: Pendidikan Berkarakter Perlu Contoh Tak Sekedar Pengajaran di Atas Kertas



Reporter:    /  @ 18:22:02  /  12 September 2017

    Print       Email

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat memberi sambutan di depan kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik non PNS sera non sertifikasi, di Pendapa Kabupaten, Selasa (12/9/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta guru dan tenaga kependidikan menjadi contoh penerapan pendidikan berkarakter, bagi murid. Hal itu menurutnya penting sebab, pendidikan karakter tidak hanya sebatas pengajaran didalam kelas dan diatas kertas. 

“Selama ini, pendidikan karakter sudah diajarkan di sekolah. Namun hal itu baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai, belum pada tingkat internalisasi dan tindakan nyata,” kata Marzuqi, di depan kepala sekolah, guru  dan tenaga pendidik non PNS sera non sertifikasi, di Pendapa Kabupaten, Selasa (12/9/2017). 

Menurutnya, internalisasi dan aksi nyata pendidikan karakter bermula dari contoh yang diberikan oleh pengelola sekolah. Hal itu bertujuan agar murid yang ada di sekolahan bisa mencontoh dan menerapkannya di lingkungan nyata. 

“Kalau pengelola sekolah gagal memberikan contoh pendidikan karakter yang baik, saya yakin tujuan diberikannya pendidikan berkarakter di sekolah tak akan efektif,” terang Marzuqi.

Pada kesempatan itu, bupati juga tidak lagi mempersoalkan sekolah bersistem Full Day. Menurutnya, sesuai dengan Perpres 87/2017 kebijakan tersebut berlaku sebagai pilihan, bukan lagi kewajiban. 

“Setelah keluarnya perpres 87/2017 saya harap menyudahi polemik sekolah 8 jam sehari atau lima hari kerja,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →