Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Artikel ini

Investor di Jateng Diminta Beri Saham untuk Warga Desa



   /  @ 11:55:35  /  12 September 2017

    Print       Email

Pabrik Semen Indonesia di Rembang. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap investor memberikan saham untuk warga di sekitar. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Semarang – Investasi yang masuk ke Jawa Tengah dalam beberapaw tahun terakhir mengalami peningkatan. Pabrik-pabrik baru didirikan di sejumlah daerah di provinsi ini.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta, selain menyerap tenaga kerja, kehadiran perusahaan-perusahaan baru ini bisa mengangkat ekonomi masyarakat.

Oleh karenanya, ia meminta BUMN maupun perusahaan swasta yang berinvestasi di Jateng memberikan sahanya kepada warga desa di sekitar lokasi investasi. Dengan dimilikinya saham oleh warga, maka warga akan muncul rasa memiliki dan terutama perekonomian warga akan terdongkrak.

“Saya kepengin ada ownership system, di mana masyarakat desa juga ikut memiliki, karena investasi juga harus membebaskan lahan. Maka problem sosial pembebasan lahan dapat dicegah jika masyarakat mendapat insentif,” katanya.

Ganjar mencontohkan PT Semen Indonesia yang mau memberikan sahamnya sebesar lima persen untuk dikelola masyarakat melalui BUMDes. Sehingga masyarakat sekitar pabrik akan mendapatkan deviden yang digunakan sebagai anggaran untuk menyejahterakan mereka.

Contoh lain, salah satu perusahaan swasta yang ingin berinvestasi mendirikan PLTA di Pemalang, bersedia memberikan sahamnya untuk rakyat sebesar 10 persen.

“Saya ingin setiap ada sesuatu yang potensial di daerah itu akan mendorong masyarakat mendapatkan sesuatu untuk meningkatkan kesejahteraannya,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Pemberian saham untuk rakyat, imbuh gubernur, bertujuan agar mereka tidak migrasi dari desa ke kota dan memilih untuk membangun desanya. Sehingga gap pembangunan antara desa dengan kota tidak terlalu jauh.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →