Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Informasi Situs Purbakala Banjarejo Grobogan Akan Dipajang di Museum Sangiran



Reporter:    /  @ 15:09:44  /  9 September 2017

    Print       Email

Beragam foto seputar penemuan benda purbakala di Banjarejo, Gabus akan ditampilkan di Museum Sangiran. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Selain melalui media massa, informasi mengenai keberadaan situs purbakala di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan juga akan bisa didapatkan di Museum Sangiran. 

Pihak pengelola museum, rencananya akan menyiapkan tempat khusus untuk memajang beragam informasi mengenai situs purbakala Banjarejo.

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Sukronedi mengungkapkan, informasi yang ditampilkan bentuknya berupa foto-foto benda purbakala yang sudah ditemukan serta lokasi situs. Jadi, bukan berupa sampel benda purbakalanya.

“Hanya foto-foto saja yang kita jadikan displai informasi. Untuk benda purbakala yang sudah ditemukan tetap kita tempatkan di Desa Banjarejo,” jelasnya.

Selama ini, display informasi situs purbakala dari seluruh Indonesia sudah terpasang di Museum Sangiran. Namun, untuk situs di Banjarejo belum ada karena masih tergolong baru. Dengan adanya displai informasi dari Banjarejo maka situs purbakala yang ada akan makin lengkap.

“Selain situs Sangiran, ada informasi situs Pati Ayam, Tegal dan lainnya. Tambahan terbaru adalah informasi situs dari Banjarejo. Dengan demikian, informasi situs purbakala makin lengkap sehingga memudahkan pengunjung,” jelas Sukron.

Sukron menyatakan, meski baru muncul sekitar tiga tahun lalu, namun potensi purbakala di Banjarejo dinilai sangat istimewa. Selama kurun waktu itu, sudah banyak temuan fosil berbagai hewan purbakala. Penemuan fosil purbakala di Banjarejo juga dinilai tidak kalah dengan Sangiran.

Bahkan, belum lama ini, ada penemuan fosil terbaru di Banjarejo yang disebut sangat istimewa. Yakni, fosil satu individu gajah purba di Dusun Kuwojo. Penemuan, fosil satu individu gajah purba seperti itu belum pernah ditemukan di situs lainnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Identitas Pemotor Tewas pada Kecelakaan di Jalan Inspeksi Bendung Klambu Grobogan 

Selengkapnya →