Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kamu Punya Buah Sukun di Rumah, Ini Pesan Pak Bondan Maknyus



Reporter:    /  @ 19:20:55  /  8 September 2017

    Print       Email

Pakar kuliner Indonesia Bondan “Maknyus” Winarno saat menjadi juri lomba masal serba sukun, Jumat (8/9/2017). (MuriaNewsCom/Merie)

MuriaNewsCom, Kudus – Buah sukun memang luar biasa. Di bawah pohon sukun jugalah, Soekarno merenung hingga terciptalah Pancasila, yang menjadi dasar negara kita.

Namun kandungan gizi yang terdapat pada buah sukun, menjadikan buah ini sebagai buah yang istimewa dan bisa dibuat aneka makanan enak.

Karena itu, pakar kuliner Indonesia Bondan “Maknyus” Winarno mengatakan, buah sukun bisa menjadi salah satu upaya memperkuat ketahanan pangan di negeri ini.

“Banyak sekali contohnya. Saat menanak nasi misalnya, kita bisa tambahkan buah sukun ke dalamnya. Dan hasilnya tetap enak. Sudah teruji kalau itu,” katanya dalam lomba masak buah sukun dalam rangka HUT ke-70 Sukun, di Sukun Sport Centre, Jumat (8/9/2017).

Ada tips lain membuat buah sukun, menjadi makanan enak pendamping nasi. Bondan menyarankan supaya buah sukun digoreng kering tipis, dan dicampurkan bersama nasi. “Pasti menambah renyah nasi. Bisa menggantikan kerupuk. Siapa orang Indonesia yang tidak suka makan sambil berbunyi kriuk-kriuk begitu,” jelasnya.

Diversifikasi aneka menu dari buah sukun, akan sangat menarik sekali,  sebagaimana dikatakan Bondan. Karena buah ini termasuk buah yang sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai masakan.

“Hari ini kita sudah mendapatkan banyak sekali contoh menu masakan dari buah sukun. Contoh bahwa buah ini bisa menambahkan ketahanan pangan di negeri ini,” imbuh Bondan.

Lomba masak buah sukun ini sendiri, diikuti berbagai perwakilan atau grup dari Sukun Group. Suasananya begitu meriah, karena juga peserta mendapat dukungan dari suporter mereka.

Selain lomba masak, juga digelar lomba yel-yel. Ada lima belas tim yang ikut lomba ini. Mereka terlihat bersemangat menampilkan performa terbaik mereka di hadapan dewan juri.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →