Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Duar…Kapal Motor Tegal Meledak di Kalbar, 13 ABK Berebut Pelampung, 1 Orang masih Hilang



   /  @ 13:52:11  /  8 September 2017

    Print       Email

ABK yang mengalami luka akibat KM Berkah Agung milik warga Kota Tegal, meledak di perairan Mungkut, Kalimantan Barat. (Grup WhatsApp)

MuriaNewsCom, Tegal – Duar, kecelakaan laut terjadi sebuah kapal ikan bernama Kapal Motor (KM) Berkah Agung asal Kota Tegal, tiba-tiba meledak saat berlayar di perairan Mangkut Kalimantan Barat (Kalbar).  Meledaknya kapal yang bertolak dari Tegal, itu diduga karena terjadi gas bocor di mesin pendingin.

KM Berkah Agung membawa 13 ABK. Akibat kejadian, 1 orang masih hilang di laut, 1 orang lainnya alami luka parah, dan sisanya selamat.

Baca : Demo Rohingya Memanas, Polisi Pati Ini Justru Edarkan Kotak Amal

Untuk ABK yang masih hilang, atas nama Darmanto (42) warga Tegalsari, Kota Tegal. Sedangkan  ABK yang luka bernama Kuat (30). Sejumlah ABK selamat mengaku masih trauma dengan kejadian tersebut. Hal itu tampak dari penuturan salah satu ABK, Ibnu (34).

Saat itu, mulanya kapal berjalan normal. Para ABK sedang asyik di depan kapal. Tiba-tiba insiden mulai terjadi. Mereka mendengar suara seperti gas bocor dari tabung pendingin (freezer) ikan.

Baca : Penumpang Teriak Histeris, Bus Laju Prima Terguling di Tanggul Sungai Tuntang Grobogan

Mendengar suara tak beres, nahkoda Iwan memerintah Kuat untuk mematikan mesin pendingin lebih dulu di ruang mesin kapal.  “Lho, belum sempat masuk kamar mesin, tahu-tahu meledak. Kuat terpental ke laut,” kata Ibnu, di Tegal, Jumat (8/9/2017). Suasana kapal kian mencekam karena api tiba-tiba telah memenuhi seluruh bagian kapal. Dalam kondisi terjepit itu, ABK berebut pelampung yang masih belum terbakar. Mereka pun segera menceburkan diri ke laut.

Baca : Berikut Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Salah satu ABK, Darmanto, justru tidak mau menceburkan diri. Dia beralasan kepada temannya, tak bisa berenang. Kapal pun meledak. Darmanto hingga sekarang belum ditemukan. Sementara para ABK yang masih berada laut dalam kondisi terapung mencoba bertahan semampunya. Untunglah, hampir setengah jam kemudian muncul KM Elbianva, yang sama-sama satu pemilik yakni Sodikin warga Blanak RT 4 RW 2, Kota Tegal. Para ABK itu diselamatkan di KM Elbianva menuju Pelabuhan Tegal.

Mereka tiba di Pelabuhan Tegal Kamis (7/9/2017). Korban luka pun langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.  

Kanit Penegakan Hukum Polairud Kota Tegal, Aiptu Sugiarto, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan insiden KM Berkah Agung. Kapal meledak pada Rabu (6/9/2017).

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →