Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Duh, Karang di Karimunjawa Rusak Lagi Ditabrak Kapal Tongkang



Reporter:    /  @ 14:35:49  /  7 September 2017

    Print       Email

Salah satu penyelam menunjukkan terumbu karang yang rusak karena kena tongkang. (Inatagram/@jackkarimun)

MuriaNewsCom, Jepara – Karang di kepulauan Karimunjawa rusak akibat ditabrak kapal tongkang. Peristiwa itu bukan kali pertama terjadi, menurut catatan Balai Taman Nasional Karimunjawa, tahun ini tercatat tiga kali kapal tongkang yang bersandar di perairan tersebut merusak ekosistem laut pulau tropis itu. 

Adapun kejadian terakhir terjadi pada akhir bulan Agustus 2017, ketika sebuah kapal tongkang bermuatan alat berat, bersandar berlindung dari cuaca buruk di perairan Dukuh Telaga, Desa Kemujan-Karimunjawa. Akibatnya, karang pun rusak. 

Baca Juga: Alamak, Terumbu Karang di Pantai Bondo Jepara Dijarah Pengusaha

“Ini yang kasus ketiga kalinya di tahun ini. Yang pertama dan kedua adalah tongkang yang memuat batubara, sementara kasus ini mengangkut crane mau di bawa ke Pare-pare. Namun berlindung di Karimunjawa,” ujar Agus Prabowo Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Kamis (7/9/2017).

Menurutnya, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat dirinya langsung mengecek ke lapangan dan kemudian melaporkannya ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Agus mengungkapkan, minggu depan dijadwalkan tim dari kementrian akan turun ke Karimunjawa untuk menentukan titik karang yang rusak serta luasan yang rusak. 

Baca juga: Merusak Terumbu Karang, Larangan Tongkang Masuk Karimunjawa Harus Dijalankan

Dirinya mengatakan, lokasi kerusakan berada di Zona Tradisional Perikanan. “Namun berbeda dengan lokasi pertama dan kedua karang rusak yang merupakan tempat pariwisata. Akan tetapi mereka yang merusak harus tetap bertanggungjawab karena wilayah tersebut termasuk dalam Balai Taman Nasional Karimunjawa,” katanya. 

Hal ini juga dikeluhkan oleh seorang netizen (warganet) @jackkarimun. Dalam akun instagramnya ia mengeluhkan, kawasan perairan Kemujan yang mulanya dipakai sebagai tempat berkembang biak ikan kini menjadi hancur berantakan. 

Pada unggahannya di instagram miliknya, ia juga menyertakan video miliknya dimana memperlihatkan penyelam yang melihat serpihan-serpihan karang akibat ditabrak tongkang. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Latar Belakang Kades Penawangan Pemasang Ratusan Lampu Sebagai Pengusir Hama

Selengkapnya →