Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Tahun Depan Dijadikan Parkir Truk, Terminal Terboyo Tinggal Kenangan



   /  @ 14:45:07  /  7 September 2017

    Print       Email

Bus tengah menunggu penumpang di Terminal Terboyo, Semarang. Tahun 2018 mendatang, terminal ini tak difungsikan lagi untuk angkut dan menurunkan penumpang. (MuriaNewsCom/Akrom Hazami)

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah memutuskan untuk mengalihfungsikan Terminal Terboyo, Kota Semarang. Terminal yang puluhan tahun menjadi salah satu trademark Kota Semarang, sebagai terminal angkutan penumpang, bakal dijadikan tempat parkir angkutan barang.

Rencana ini akan direalisasikan pada tahun 2018 mendatang, dan fungsi Terminal Terboyo sebagai terminal angkutan umum akan dihentikan pada akhir 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPTD Fasilitas Parkir Angkutan Barang Terboyo, Slamet Widodo mengatakan, seluruh bus AKP nantinya akan dialihkan ke Terminal Mangkang. Sementara bus AKDP ke Terminal Penggaron kecuali bis AKDP yang dari arah barat.

Ia menyebut, di Kota Semarang ada dua terminal beripe A, yakni Mangkang dan Terboyo. Pengelolaan terminal itu diambil alih Kementerian Perhubungan.

“Karena Mangkang akan jadi terminal terpadu, maka Terminal Terboyo dialihfungsikan menjadi fasilitas parkir angkutan barang,” katanya, dikutip dari Tribun Jateng, Kamis (7/9/2017).

Terminal Terboyo sudah 32 tahun digunakan untuk pusat pemberhentian dan menurunkan penumpang. Terminal ini juga menjadi salah satu ikon Kota Semarang.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, terminal ini sering dilanda rob, sehingga mengganggu akses bus maupun penumpang. “Nantinya di Terminal Terboyo akan ditinggikan sebelum digunakan untuk parkir angkutan barang,” ujarnya.

Pihaknya juga memastikan, sosialisasi tentang pengalihan terminal terus dilakukan. Termasuk kepada operator bus, agen, maupun pedagang di Terminal Terboyo.

Pedagang nantinya dimungkinkan untuk berjualan di Terminal Mangkang. Sementara yang bertahan di Terboyo, akan memberi fasilitas bagi awak angkutan barang yang tengah parkir.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Panggil DPN APTRI, KPPU Tindak Lanjuti Dugaan Monopoli Gula yang Dilakukan Bulog

Selengkapnya →