Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Umat Budha Jepara Kecam Kejahatan Kemanusiaan di Myanmar



Reporter:    /  @ 16:15:38  /  6 September 2017

    Print       Email

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jepara mengecam kejahatan terhadap etnis Rohingnya di Myanmar. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Umat Budha di Jepara mengecam kejahatan kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya di Myanmar. Hal itu tercetus dalam pernyataan sikap yang dilakukan bersama-sama dengan umat agama lain yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jepara, Selasa (6/9/2017) malam. 

Mewakili umat Budha Jepara adalah Bhante Yatiko dari Keling dan Bhante Sujano dari Donorojo. Dalam pernyataan tersebut, ada lima sikap yang dibacakan didepan umat muslim, umat kristian, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi dan Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adi Nugroho serta Dandim 0719 Jepara Letkol Infanteri Ahmad Basuki.

“Kami menyatakan mosi tidak percaya kepada pemerintahan Myanmar karena membiarkan kejahatan (terhadap etnis rohingnya) terjadi, mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk terus menerus melakukan diplomasi sampai hak politik, ekonomi sebagai warga negara dikembalikan seperti sediakala, selain itu menuntut agar gelar nobel yang pernah diraih oleh pemimpin Myanmar dicabut karena gagal dan tak peduli pada nasib kemanusiaan. Turut mendoakan mereka yang telah gugur agar diampuni dosa-dosanya. Kami sebagai umat Budha di Jepara akan tetap memelihara persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” ucap Yatiko. 

Ikrar tersebut termaktub dalam tajuk Duka Rohingnya dan Suara Hati Umat Budha Jepara. 

Ketua FKUB Jepara Mashudi mengungkapkan hal serupa. Pihaknya mendesak agar pemerintah Myanmar segera menghentikan diskriminasi terhadap etnis Rohingnya. 

“Forum Kerukunan Umat Beragama Jepara mendesak hal itu segera dihentikan,” katanya. 

Dirinya juga mengingatkan petntingnya memelihara persatuan karena tidak mustahil peristiwa di Myanmar menular ke Jepara. Oleh karenanya Mashudi mengajak seluruh umat agama yang ada di Bumi Kartini selalu waspada dan merapatkan barisan, agar tidak ada pihak yang membikin onar situasi di Jepara. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Film Produksi SMPN 1 Gubug Kembali Berjaya di Ajang Festival Film Grobogan

Selengkapnya →