Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Lainnya  >  Artikel ini

Aksi Bela Rohingya Dialihkan, Borobudur Tetap Ditutup untuk Wisatawan Perorangan



   /  @ 15:04:35  /  6 September 2017

    Print       Email

Jumat (8/9/2017) Candi Borobudur akan ditutup untuk wisatawan perorangan, terkait aksi solidaritas Rohingya. (Pixabay)

MuriaNewsCom, Semarang – Aksi solidaritas muslim Rohingya sudah dipastikan batal digelar di Candi Borbudur, dan dialihkan di Masjid An Nur, Mungkid, Magelang. Meski demikian, Candi Borobudur akan tetap dijaga ketat dan ditutup untuk wisatawan perorangan.

Meski demikian, wisatawan berkelompok yang sudah membuat jadwal sebelumnya dan wisatawan asing tetap diperbolehkan masuk. Hal ini dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sri Puryono usai rapat koordinasi dengan Forkompimda di Gedung A laintai 2 Setda Provinsi Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Rabu (6/9/2017).

Ia mengatakan, penutupan akses wisata Borobudur kepada wisatawan perorangan hanya sehari (Jumat 8/9/2017). Alasannya, wisawatan berkelompok lebih mudah dipantau. ”Wisatawan mancanegara diperbolehkan masuk dalam kawasan Candi Borobudur,” katanya.

Menurutnya, koordinator aksi yang akan mengepung Candi Borobudur telah mengonfirmasi untuk mengalihkan aksi ke Masjid An Nur. Aksi akan diganti dengan kegiatan simpatik tanpa ada orasi.

“Unjuk rasa di Candi Borobudur sudah disepakati untuk tidak dilakukan. Mereka mengadakan kegiatan simpatik dengan doa bersama dan salat Jumat bersama di Masjid Annur Magelang. Semua yang menangani nanti takmir masjid,” ujarnya.

Baca : di Magelang Ganjar Pimpin Doa Bersama untuk Rohingya

Puryono menegaskan, selama aksi simpatik tidak boleh dilakukan orasi di masjid. Alasannya, tempat ibadah merupakan tempat yang dilarang unjukrasa. “Tidak boleh orasi, hanya boleh khotbah saja,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, usai salat Jumat seluruh massa harus membubarkan diri. Tak boleh ada aksi susulan.

”Masjidnya mampu menampung 1.500 orang, dan kami akan mengerahkan 25 SSK (satuan setingkat kompi) pada 8 September,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Baca : Polda Bakal Hadang Massa Aksi Bela Rohingya di Borobudur

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Identitas Pemotor Tewas pada Kecelakaan di Jalan Inspeksi Bendung Klambu Grobogan 

Selengkapnya →