Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Emoh Berbagi dengan Tikus, Petani di Trikoyo Pati Nekat Panen Malam Hari



Reporter:    /  @ 12:40:45  /  6 September 2017

    Print       Email

Seorang anggota TNI AD mendampingi panen di Desa Trikoyo, Jaken pada malam hari. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Salah seorang petani asal Desa Trikoyo, Kecamatan Jaken, Yarman, nekat memanen padi pada malam hari. Hal itu dilakukan agar padi di atas lahan 1,5 hektare miliknya tidak dipanen tikus.

Pasalnya, populasi tikus di kawasan tersebut sangat banyak. Mereka kerap merusak tanaman padi hingga memakan padi yang siap panen.

Tidak sendirian, Yarman ditemani babinsa setempat, Serma Rusiswanto bersama penyuluh pertanian lapangan (PPL) Murjito bersama empat tenaga kerja. Aksi panen malam hari dilakukan pada Selasa (5/9/2017) dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.45 WIB.

“Kawasan pertanian di sini memang rawan diserang tikus. Populasi tikus yang banyak biasa menyerang pada malam hari. Ini yang membuat kami memutuskan panen pada lama hari,” ucap Serma Rusiswanto.

Beruntung, panen yang dilakukan pada malam hari dibantu dengan alat combine harvester. Padi yang menghampar di lahan seluas 1,5 hektare pun bisa dipanen hanya dalam waktu sekitar dua jam.

Yarman mengungkapkan, panen kali ini terbilang kurang bagus. Namun, ia mengaku masih untung dan masih bisa digunakan untuk menutup biaya tanam.

Menurut dia, persoalan petani saat ini masih berkutat pada air. Dia berharap pemerintah bisa melakukan normalisasi dan penambahan embung baru untuk meningkatkan produksi pertanian.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →