Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kapolres Imbau Warga Pati untuk Tidak Terprovokasi Isu Rohingya



Reporter:    /  @ 18:08:42  /  5 September 2017

    Print       Email

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan mengimbau warga Pati untuk tidak terprovokasi dengan isu di Myanmar. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan mengimbau kepada masyarakat Pati untuk tidak terprovokasi dengan isu Rohingya. Imbauan itu disampaikan, usai menggelar rapat dengan tokoh lintas agama di Kantor Kesbangpol Pati, Selasa (5/9/2017).

“Masalah Rohingya itu sangat kompleks, bukan soal umat Islam dilukai umat Buddha saja. Ini masalah kemanusiaan, bukan persoalan antarumat beragama. Jadi, warga Pati kami imbau untuk tidak ikut terprovokasi,” kata AKBP Maulana.

Ia menjelaskan, krisis kemanusiaan di Myanmar saat ini sudah mulai melebar. Apa yang ditampilkan di media sosial merupakan potongan-potongan kecil yang dibingkai supaya bercampur dengan isu yang belum tentu kebenarannya.

“Banyak gambar-gambar kekerasan dan pembantaian yang beredar. Setelah ditelusuri Mabes Polri, ternyata hoax dan tidak ada hubungannya dengan krisis di Myanmar. Kalau tidak hati-hati, kita bisa ikut terpancing,” paparnya.

Karena itu, dia menegaskan bila tragedi kekerasan di Myanmar tidak boleh berdampak pada kekerasan di Indonesia. Donasi, doa bersama dan jalur diplomasi dinilai menjadi langkah tepat untuk membantu umat Rohingya di Myanmar.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pati M Luqman. Pihaknya ikut prihatin dengan apa yang terjadi di Myanmar. Namun, aksi keprihatinan tidak boleh menggadaikan perdamaian yang sudah terjaga dengan baik di Indonesia.

“Sebaiknya kita doakan dengan cara-cara yang sesuai dengan tradisi leluhur bangsa. Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan, apalagi menindas. Kita harus bijak dalam menyikapi segala sesuatu,” tandas Luqman.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Terpeleset, Penjaga Pintu Bendung Klambu Grobogan Hanyut di Sungai Lusi

Selengkapnya →