Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bupati Kudus: Pengelolaan Air Muria Harusnya Dikelola BUMDes



Reporter:    /  @ 15:22:11  /  5 September 2017

    Print       Email

Bupati Kudus Musthofa memberikan penjelasan pentingnya air muria bgi masyarakat. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus Musthofa mengusulkan pengelolaan air muria dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Dengan cara itu, air muria akan lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya setempat

”Jika dikelola desa, maka kesejahteraan akan dimanfaatkan semua masyarakat. Apalagi potensi yang dihasilkan juga cukup besar, jadi akan lebih tepat jika dikelola desa,” katanya kepada wartawan, Selasa (5/9/2017). 

Bupati menjelaskan, selama ini desa tidak dapat kontribusi apapun dari penjualan air pegunungan muria. Padahal, warga juga ikut terdampak dengan sulitnya mencari sumber air karena banyak dijual.

”Saat mencari sumber air, butuh jarak sampai 12 meter baru dapat. Itupun sudah  jarang ditemukan di kawasan Colo dan Kajar,” ujarnya.

Langkah yang dilakukan, kata Bupati Kudus, pihak kecamatan dapat bersinergi dengan pihak desa untuk menyusun usaha tersebut. Langkah awal, dengan menyusun payung hukum dari desa tentang pemanfaatannya.

“Kalau bumi air dan isinya milik negara, maka masyarakat juga harus mendapatkan manfaatnya. Jangan hanya beberapa orang yang memilikinya,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Latar Belakang Kades Penawangan Pemasang Ratusan Lampu Sebagai Pengusir Hama

Selengkapnya →