Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Hewan Kurban Donasi Muslim Singapura Disembelih di Bringin Grobogan



Reporter:    /  @ 15:30:42  /  2 September 2017

    Print       Email

Puluhan warga mulai antre di halaman Masjid Nurul Huda Desa Bringin, Kecamatan Godong untuk mendapatkan pembagian daging kurban. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ratusan hewan kurban yang disembelih di Desa Bringin ternyata bukan milik warga setempat. Dana pembelian hewan kurban ternyata berasal dari donasi umat muslim Singapura.

“Hewan kurban ini milik umat muslim dari Singapura. Kita di sini hanya dipercaya untuk melaksanakan penyembelihan dan pendistribusian daging pada masyarakat. Kita sudah 19 tahun melaksanakan kegiatan ini ,” terang Ketua Panitia Penyembelihan Ahmadun Alfaputra.

BacaSapi Kurban Tercebur Sumur Sedalam 12 Meter di Semarang

Dijelaskan, penyembelihan hewan kurban warga muslim Singapura itu pertama kali dimulai tahun 1998. Saat itu, hanya sekitar 10 ekor kambing saja yang dipotong. Jumlah hewan kurban yang dititipkan terus bertambah dari tahun ke tahun karena pelaksanaannya dinilai baik dan panitia dinilai amanah.

“Semua proses penyembelihan ini terdokumentasi dengan baik, mulai dari awal hingga selesai. Pelaksanaan kegiatan lalu laporkan pada perkumpulan muslim Singapura,” ungkapnya.

Baca : Hari Kedua Idul Adha, Warga Bringin Grobogan Potong Ratusan Hewan Kurban

Menurutnya, beberapa umat muslim Singapura yang mengirimkan hewan kurban itu adalah teman mengaji Imam Masjid Nurul Huda Desa Bringin Nur Hamid ketika masih merantau di Batam. Pada tahun 1998 muncul gagasan untuk menitipkan hewan kurban agar dipotong di Desa Bringin.

“Niat baik itu disanggupi kakak saya (Nur Hamid). Lantaran dinilai amanah, kepercayaan untuk menyembelih hewan kurban di Desa Bringin terus diberikan hingga saat ini. Kami memang berupaya untuk bisa mengemban amanah ini sebaik mungkin,” imbuh Ahmadun.

Editor : Akrom Hazami

BacaKerbau Kurban Ngamuk di Singocandi Kudus, Seruduk Warga Hingga Dilarikan ke RS dan Rusak Motor

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →