Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Hari Kedua Idul Adha, Warga Bringin Grobogan Potong Ratusan Hewan Kurban



Reporter:    /  @ 14:00:07  /  2 September 2017

    Print       Email

Panitia penyembelihan hewan kurban di Desa Bringin, Kecamatan Godong, Grobogan, sedang sibuk memilah daging yang akan dibagikan pada masyarakat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Penyembelihan hewan kurban pada hari kedua Idul Adha masih marak dilakukan. Salah satunya dilakukan warga Desa Bringin, Kecamatan Godong, Grobogan, Sabtu (2/9/2017).

Jumlah hewan kurban yang disembelih di Desa Bringin hari ini cukup banyak. Totalnya ada 523 ekor hewan yang disembelih di belakang Masjid Nurul Huda. Terdiri dari 18 ekor sapi dan 505 ekor kambing.

BacaKerbau Kurban Ngamuk di Singocandi Kudus, Seruduk Warga Hingga Dilarikan ke RS dan Rusak Motor

Penyembelihan ratusan hewan kurban ini sudah dimulai sekitar pukul 06.00 WIB. Asisten I Pemkab Grobogan Mokh Nursyahid sempat hadir di lokasi beberapa saat sebelum penyembelihan dimulai.“Semua hewan kurban itu kita potong serentak pada hari ini. Total ada 250 orang yang terlibat jadi panitia,” ungkap Ketua Panitia Ahmadun Alfaputra.

Masing-masing panitia sudah dapat pembagian tugas tersendiri sehingga proses penyembelihan berjalan cepat. Ada orang khusus menjaga dan merawat hewan yang masih hidup.

BacaSapi Kurban Tercebur Sumur Sedalam 12 Meter di Semarang

Kemudian, ada tim penyembelih tersendiri, petugas yang khusus menguliti sapi, memotong daging, mencuci jeroan, menimbang dan mengemas dalam plastik serta pembagi daging kurban pada masyarakat. Untuk berjaga-jaga kalau ada sesuatu insiden, pihak panitia juga menyediakan petugas P3K di lokasi.

Sekitar pukul 09.00 WIB, warga sudah bisa mengambil bagian daging kurban di samping masjid. Di tempat itu memang sudah dibuatkan stan khusus tempat pengambilan daging kurban buat warga setempat maupun dari desa lain. Masing-masing warga yang dapat jatah pengambilan daging sudah diberi kupon oleh panitia.

BacaBus PO Indonesia Guling Usai Tabrak Avanza dan Sepeda Motor di Proliman Tanjung Kudus

“Daging kurban ini kita salurkan buat 4.250 orang. Untuk warga Desa Bringin dapat jatah daging sebanyak 1,5 kg dan warga luar Desa Bringin dapat 1 kg. Karena ada kupon pengambilan maka prosesnya lancar dan kita upayakan tidak ada antrean panjang,” jelasnya. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →