Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bupati Ajak Warga Pati Kurbankan sikap Egosentrisme



Reporter:    /  @ 13:27:59  /  1 September 2017

    Print       Email

Bupati Pati Haryanto menyerahkan satu ekor sapi untuk kurban di Masjid Agung Baitunnur Pati, Jumat (1/9/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto mengajak warga Pati untuk mengorbankan sikap egosentrisme demi membangun solidaritas dengan sesama. Hal itu disampaikan Haryanto dalam momentum Hari Raya Idul Adha di Masjid Agung Baitunnur Pati, Jumat (1/9/2017).

Ia juga mengajak warga untuk bisa meneladani semangat berkurban yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Keduanya mengajarkan kepada umat manusia untuk ikhlas dalam berkurban, sehingga Allah akan memberikan yang terbaik bagi mereka yang ikhlas melaksanakan perintah-Nya.

“Kita harus kurbankan sikap egosentrisme kita demi membangun solidaritas dengan sesama. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan bangsa akan terwujud dengan baik,” pesan Haryanto.

Pagi sebelum menyerahkan satu ekor sapi untuk disembelih, Haryanto bersama keluarga dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin terlihat melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Baitunnur Pati. Keduanya berangkat bersama-sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berangkat dari pendapa menuju masjid.

Dengan pakaian serba putih, Haryanto dan Arifin nampak berjalan kompak. Tak sendirian, Haryanto ditemani istrinya, Musus Indarnani dan kedua putrinya, Vera dan Disa.

Saiful Arifin sendiri memaknai kurban sebagai sebuah cinta kepada Tuhan dan sesama. Hubungan manusia dengan Tuhan harus dijaga dengan baik. Begitu juga hubungan manusia dengan manusia lainnya.

“Ibadah vertikal dan horizontal harus berjalan secara beriringan. Kurban mengajarkan kita untuk taat pada perintah Allah, sekaligus menjadi momentum untuk berbagi kepada sesama,” pungkas Arifin.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →