Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Dokter RSI Pati Kampanyekan Kesehatan dan Gizi Anak pada Guru PAUD



Reporter:    /  @ 19:15:03  /  21 Agustus 2017

    Print       Email

Salah satu dokter di RSI Pati memberikan materi kesehatan dan gizi anak kepada peserta diklat berjenjang tingkat dasar di IPMAFA Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kesehatan dan gizi anak perlu diperhatikan, terutama saat anak masuk dalam masa pertumbuhan. Sementara pertumbuhan yang baik dapat dilihat dari kesehatan dan ketersediaan gizinya.

Kesehatan dan gizi yang diberikan dengan baik akan berdampak pada masa depan anak. Mengingat pentingnya hal tersebut, Panitia Diklat PAUD Berjenjang Tingkat Dasar Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IPMAFA Pati merasa perlu untuk mamasukkan materi kesehatan dan gizi anak kepada peserta diklat yang diikuti 268 mahasiwa dan guru PAUD.

Dalam kesempatan tersebut, dokter-dokter dari Rumah Sakit Islam (RSI) Pati dan pakar gizi anak didatangkan untuk menjadi narasumber yang dibagi ke dalam empat kelas yang berbeda. Mereka memberikan materi tentang kesehatan dan gizi kepada guru, sebelum diajarkan kepada para murid.

Salah satu narasumber, dr Nur Iffah menuturkan, gizi anak akan berdampak bukan hanya  dalam jangka pendek, tetapi membekas sampai masa depan. Gizi yang kurang maupun buruk akan memengaruhi pertumbuhan fisik jangka panjang seorang anak dalam aspek perkembangan kognitif, kapasitas belajar, prestasi sekolah dan prestasi kerja di masa depan.

“Gizi dan anak perlu diperhatikan sejak dini. Sebab, kebutuhan gizi pada anak dalam masa pertumbuhan sangat menentukan masa depannya dari berbagai aspek. Pengetahuan semacam ini penting diberikan kepada guru PAUD, karena mereka yang mendidik anak,” kata dr Nur Iffah.

Karena itu, kesehatan dan gizi anak sangat penting diperhatikan oleh para orangtua, termasuk guru yang mengajarnya selama di bangku sekolah. Dengan dasar itu pula, memasukkan materi gizi kepada peserta diklat dasar yang diikuti para guru PAUD menjadi sebuah keharusan.

Para peserta pun terlihat antusias mendengarkan penjelasan narasumber. Mereka juga aktif menanyakan berbagai hal tentang kesehatan dan gizi anak. Harapannya, informasi yang didapatkan peserta memiliki dampak nyata untuk keberlangsungan masa depan anak.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →