MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping
Banner Kuping Kanan

Jepara Terkena Imbas Pemotongan DAU

92
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat penandatanganan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Smentara (KUA-PPAS), di DPRD Jepara, Jumat (18/8/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara terekena imbas efisiensi Dana Alokasi Umum (DAU) yang dilakkan oleh pemerintah pusat. Dana transfer dari APBN itu dipotong sebanyak Rp 30 miliar.

Hal itu diungkap Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, saat penandatanganan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Smentara (KUA-PPAS), di DPRD Jepara, Jumat (18/8/2017).

Menurutnya, hal itu membebani anggaran yang dikelola oleh pemerintah daerah. Adapun DAU 2017 untuk Jepara adalah 1.000.373.359.000.

“Kami mendapatkan pemotongan tiga persen atau sebear Rp 30 miliar, dari DAU. Selain itu ada penyesuaaian dengan alokasi bantuan keuangan provinsi Jawa Tengah dan dana bagi hasi dari pusat serta provinsi,” kata Marzuqi. 

Hal itu turut berpengaruh pada penganggaran sejumlah pembiayaan daerah, pada sejumlah kegiatan yang dilakukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

Terkait penyesuaian KUA-PPAS ia mengatakan, sejumlah faktor lain pun turut memengaruhi. Diantaranya pertumbuhan ekonomi Jepara yang ditarget melaju dari 5 hingga 5,5 persen. Hal itu terkait dengan pertumbuhan disektor industri dan investasi yang berkembang di kabupaten ini.

Selain itu, sinkronisasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022, yang mulai dilakukan secara bertahap. Sejumlah pengeluarana pun ditekan untuk melakukan pembiayaan pada kegiatan yang dianggap penting dan mendesak. 

Marzuqi yakin, perubahan KUA-PPAS itu telah sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat. 

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.